Tips Sukses Membuka Usaha Bakso

Tips Sukses Membuka Usaha BaksoBakso merupakan makanan yang berasal dari Tionghoa, kata bakso itu sendiri merupakan asal kata dari Bak-So, pada bahasa Hokkien yang berarti “Daging Babi Giling”.

Namun jangan salah tanggap dulu, karena penduduk Indonesia sebagian besar terdiri dari umat muslim, maka masyarakat melakukan perubahan atau memodifikasi model asal bakso tersebut dengan membuat bakso dari gilingan daging sapi, udang, ayam atau ikan.

Bakso atau baso adalah bentuk bola kecil yang terbuat dari daging dan campuran tepung. Bahan bakunya tidak hanya terbuat dari daging sapi saja melainkan bisa terbuat dai daging ayam, udang dan ikan.

Biasanya bakso disajikan dengan wadah mangkok yang didalamnya disertai daun seledri, bihun atau mie, potongan kol, bawang goreng lalu disiram dengan kuah yang panas hasil rebuasan bakso tersebut, untuk pelengkap rasa bisa ditambahkan kecap, saus tomat atau saus sambal serta cuka.

Tips Sukses Membuka Usaha Bakso

Di Indonesia ini jarang sekali yang tidak mengetahui bakso, bahkan hampir seluruh wilayah Indonesia tahu apa itu bakso. Bakso ini bisa dibilang salah satu jajanan favorit masyarakat Indonesia.

Maka dari itu usaha bakso ini mulai berkembang di Indonesia, usaha berjualan bakso ini tidak hanya memulainya dengan gerobak saja namun banyak pengusaha yang memulainya dengan modal ratusan juta untuk memiliki tempat yang nyaman dan strategis.

Meskipun bakso merupakan hasil gilingan dari daging namun bakso juga bisa divariasikan dengan cita rasa yang unik serta lezat serta memiliki keunikan tersendiri, adapun variasi baksonya adalah sebagai berikut:

Bakso Urat

Bakso ini diisi dengan urat atau tendon dan daging tetelan kasar.

Bakso Gepeng

Bakso ini memiliki bentuk pipih.

Bakso Udang

Bakso ini dibuat dengan bahan dasar udang.

Bakso Ikan

Bakso ini dibuat dengan bahan dasar ikan.

Bakso Telor

Bakso ini diisi dengan telur ayam rebus dan biasanya bentuknya seperti bolah tenis atau bisa juga disebut dengan bakso bola tenis.

Bakso Keju

Bakso ini merupakan resep baru yang berisakan keju.

Bakso Bakar

Bakso yang diolesi oleh bumbu khusus dan dibakar langsung tanpa menggunakan arang dan disediakan bersama potongan ketupat dan kuah kaldu yang hangat serta bumbu kacang.

Memulai Usaha Menjual Bakso

Dalam usaha bakso, anda dapat memulai penjualan bakso dengan berkeliling dengan gerobak ataupun bisa menyewa tempat, bahkan jika anda sudah memiliki tempat dapat anda gunakan untuk melakukan penjualan bakso di tempat tersebut.

Berikut ini adalah tips untuk membuka usaha bakso yang bisa anda ikuti:

  • Carilah lokasi yang strategis yang ramai akan pengunjung seperti mall, atau tempat-tempat peristirahatan atau bisa juga mencari lokasi yang masih jauh dari pedagang bakso di daerah anda.
  • Menyajikan bakso dengan rasa yang enak serta memiliki kualitas terbaik, karena bakso yang enak itu adalah salah satu kunci suksesnya. Jika bakso yang Anda jual sudah dikenal enak, pertahankan kualitas tersebut mati-matian!
  • Buatlah tempat atau warung yang menarik dengan desain yang unik agar menarik perhatian para pengunjung.
  • Buatlah beberapa inovasi dalam menyajikan semangkuk bakso yang lezat.
  • Melakukan promosi, karena tanpa promosi usaha anda akan sepi pengunjung.

Nah demikianlah tips sukses membuka usaha bakso ini, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang ingin membuka usaha bakso ini.