Tips Sukses Berinvestasi di Pasar Modal

INVESTASIONLINE.NET – Anda tertarik untuk berinvestasi di pasar modal? Mari kita bahas langkah-langkah untuk berinvestasi di pasar modal dengan resiko seminimal mungkin.

Tips Berinvestasi di Pasar Modal

Pelajari Berbagai Macam Cara-Cara Investasi di Pasar Modal

Nah, hal yang paling pertama yang harus Anda lakukan sebelum mulai terjun ke dunia investasi pasar modal ini  adalah mempelajari berbagai macam cara berinvestasi di pasar modal.

Apabila anda adalah seseorang yang benar-benar baru pada bidang investasi pasar modal, ada baiknya anda cari tahu terlebih dahulu mengenai informasi produk-produk atau kriteria perdagangan macam apa yang cocok untuk anda.

Masing-masing individu memiliki kemampuan berinvestasi yang berbeda-beda, oleh karenanya adalah sesuatu hal penting untuk dapat mengukur kemampuan diri sendiri. Ikut dalam kegiatan investasi atau aktif di forum-forum trading adalah cara pertama yang dapat anda lakukan demi mendapatkan ilmu berinvestasi yang baik dan aman.

Berinvestasilah Pada ETF (Exchange Traded Funds) dan Index Funds Yang Terjangkau

Menjaga pengeluaran sekecil mungkin adalah cara aman untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Seiring berjalannya waktu, pengeluaran kecil akan menjadi besar dan untuk seseorang yang memiliki penghasilan sedang-sedang saja, hal ini bisa menjadi masalah dikemudian hari.

Dengan memperdagangkan index funds dan ETFs, anda bisa menekan biaya-biaya yang keluar, dan juga memperkecil kemungkinan terjadinya resiko.

Jangan Berusaha Untuk Mengalahkan Pasar; Berpartisipasilah

Pernah dengar kata-kata jangan coba mengalahkan pasar? Apalagi pasarnya adalah pasar modal dunia dimana para profesional mencoba untuk mengambil hasil dari kekalahan yang anda alami.

Jangan pernah coba untuk melawan arus pasar! Hal ini tidaklah benar. Yang benar adalah sebelum memutuskan untuk mencoba berinvestasi pada sebuah produk, ada baiknya anda lakukan research anda terlebih dahulu pada produk yang akan anda investasikan tersebut.

Apabila tidak ada produk yang cocok untuk anda, sebetulnya cukup mudah…

Anda hanya harus mencari produk apa saat ini yang sedang booming, dan ikutilah investasi dari banyak orang untuk berinvestasi pada produk tersebut.

Diversifikasi juga merupakan sesuatu yang penting untuk anda pertimbangkan. Anda tidak mau untuk taruh semua uang anda dalam satu produk saja. Anda harus mendiversifikasikan investasi anda pada bermacam-macam produk investasi yang bagus menurut anda (setelah anda lakukan research tentunya).

Berinvestasi Pada Saham – Sisihkan Sebahagian Kecil Dana Untuk “Coba-Coba”

Ketika anda sudah mendapatkan informasi mengenai produk yang ingin anda coba, ada baiknya agar anda menyisihkan sebagian kecil dana anda terlebih dahulu untuk percobaan (jangan masukkan semua dana anda sampai percobaan ini berhasil).

Jadi anda dianjurkan menyisihkan sebagian kecil dana untuk melihat apakah benar produk pilihan anda ini bisa mendatangkan keuntungan yang konsisten untuk anda?

Apabila dengan dana kecil saja, anda bisa mendapatkan keuntungan yang baik maka bukan tidak mungkin, dengan dana yang lebih besar anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih bukan?

Test pasar dan produk terlebih dahulu sebelum terjun dengan kekuatan penuh. Hal ini berlaku juga untuk jenis bisnis lainnya.

Tekan Resiko Lebih Jauh Dengan Pemikiran Investasi Jangka Panjang

Biasanya produk saham yang murah adalah saham perusahaan-perusahaan baru. Perusahaan-perusahaan seperti ini memang beresiko untuk mengalami kebangkrutan dalam waktu tertentu. Oleh karena itu, ada baiknya anda lakukan research terlebih dahulu sebelum berinvestasi pada perusahaan-perusahaan baru seperti ini.

Perusahaan-perusahaan seperti apa saja yang kira-kira bisa bertahan untuk jangka panjang?

Perusahaan seperti penyedia layanan hosting, internet, makanan, yang berhubungan dengan publik biasanya adalah perusahaan-perusahaan yang akan dipilih oleh para investor profesional.

Anda hanya harus berimajinasi, kira-kira bisnis apa sih yang akan berkembang beberapa tahun ke depan? Bisnis apa sih, yang mempunyai prospek yang baik di suatu negara beberapa tahun kedepannya. Apabila sudah mendapatkan informasinya, anda hanya tinggal melakukan transaksi saja.

Alat Yang Dibutuhkan Untuk Melakukan Research

Ada beberapa alat yang anda perlukan untuk melakukan research dipasar. Beberapa alat ini seperti Microsoft office (excel, word dan lainnya) adalah hal pertama dan dasar yang saya pribadi gunakan setiap harinya.

Alat lainnya adalah software untuk melihat atau memantau pergerakan harga seperti aplikasi metatrader 4 yang bisa anda download gratis dari perusahaan pialang anda. Biasanya perusahaan pialang memiliki aplikasi ini untuk dapat didownload dan digunakan oleh para prospek dan klien mereka.

****

Artikel ini ditulis oleh Robin Suganda, seorang online trader dan entrepreneur yang berpengalaman lebih dari 17 tahun dalam bidang investasi saham dan pasar modal. Beliau adalah seseorang dengan style investasi konservatif yang menurutnya paling aman dan sudah menjadi topangan bagi keluarganya selama ini. Robin sangat ahli dalam analisa pergerakan harga dan penggunaan aplikasi metatrader 4 yang sudah sangat terkenal dikalangan para trader dunia.