Tips Memulai Usaha Rumah Makan

Tips Memulai Usaha Rumah MakanSalah satu bisnis yang nampaknya tidak akan pernah ada matinya adalah bisnis kuliner atau makanan.

Jika masalahnya sudah menyangkut lidah dan perut, maka sudah dapat dipastikan berapapun koceknya juga akan dikeluarkan. Apalagi jika makanan tersebut adalah makanan khas atau bahkan makanan yang jarang ditemui.

Salah satu alasan pemilihan bisnis kuliner atau bisnis rumah makan adalah melihat filosofi makanan sebagai salah satu kebutuhan paling pokok dari manusia. Tanpa makan, manusia akan mati kelaparan.

Oleh karena itulah bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis paling favorit, terutama di wilayah atau kota kota wisata seperti Bandung, Batu Malang dan Bogor.

Sayangnya banyak orang yang beranggapan bahwa bisnis kuliner atau makanan merupakan salah satu bisnis yang sangat mudah dijalankan dan tidak membutuhkan ilmu khusus. Padahal, sama saja dengan bisnis lainnya, berbisnis makanan pun membutuhkan ilmu dan kiat kiat khusus.

Banyak orang yang menggampangkan bisnis kuliner, setelah mereka membangun sebuah restoran dan membuat beberapa menu andalan, yang terjadi adalah restorannya sepi pengunjung.

Tips Memulai Usaha Rumah Makan

Oleh karena itulah dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan tips dan trik dalam memulai bisnis kuliner atau makanan. Harapan kami setelah membaca tips memulai usaha rumah makanan atau kuliner ini, Anda bisa mendapatkan gambaran singkat tentang seluk-beluk dan bagaimana cara agar sukses menjalankan bisnis kuliner di daerah Anda.

Nah, berikut adalah beberapa tips dan cara memulai usaha rumah makan agar cepat suskes, antara lain:

Kenali lokasi atau wilayah

Anda harus melihat lokasi atau wilayah tempat Anda berjualan, apakah di emperan jalan atau sudah memiliki rumah makan yang cukup mewah. Jika Anda hanya menjual makanan di emperan jalan, maka yang harus Anda perhatikan adalah masalah kebersihan dan harga.

Jika Anda memiliki rumah makan yang cukup mewah, yang perlu Anda perhatikan adalah pelayanan dari para pelayan Anda dan yang tak kalah pentingnya adalah kualitas dari menu yang dihidangkan.

Pilih lokasi rumah makan yang strategis

Pilihlah lokasi rumah makan yang sangat strategis. Jangan memilih berjualan makanan yang mengharuskan calon pembeli Anda untuk memasuki gang sempit atau jalanan yang rusak. Pilihlah lokasi atau tempat yang mudah dijangkau, ramai dan tentunya memiliki tempat parker yang lumayan luas.

Perhatikan waktu pelayanan

Jika Anda berkunjung ke sebuah restoran atau rumah makan lalu Anda harus menunggu datangnya menu yang Anda pesan dalam waktu lama, maka tentunya Anda akan merasa sangat kesal dan malas untuk berkunjung ke yang kedua kalinya.

Oleh karena itulah ketepatan dan kecepatan pelayanan dalam berbisnis kuliner harus selalu menjadi perhatian ekstra. Jangan sampai para pelanggan Anda kabur gara gara pelayanan yang lelet dan terkesan kurang professional.

Raba suasana

Anda bisa membuat suasana restoran senyaman mungkin. Dengan desain dan dekorasi yang tepat, rumah makan yang sempit sekalipun akan terasa sangat luas dan lapang. Ciptakanlah suasana yang harmonis antara menu makanan yang Anda jual dengan tempat atau rumah  makan Anda.

Pilih menu andalan

Anda mungkin bisa saja menjual beberapa makanan yang sebenarnya bisa ditemukan dengan sangat mudah oleh orang lain di rumah makan sebelah. Tapi Anda harus memiliki ‘magnet’ tersendiri di rumah makan Anda dengan cara menyajikan menu khusus yang jarang atau bahkan mustahil untuk didapatkan di rumah makan lainnya.

Ciptakan kejutan

Anda bisa membuat kejutan kepada para pelanggan setia Anda dengan memberikannya diskon atau hadiah undian special. Anda juga bisa membuat suasana lebih ramai dengan mengundang musisi ataupun yang lainnya.

###

Demikianlah beberapa tips dan cara dalam memulai bisnis usaha rumah makan. Semoga bermanfaat.