Tips Memulai Bisnis Properti

Tips Memulai Bisnis PropertiSalah satu model bisnis yang sedang booming dan ramai diperbincangkan adalah bisnis properti.

Model bisnis yang satu ini menjanjikan para pelakunya sebuah untung yang besar dengan modal yang bisa dibilang relatif lebih kecil.

Saking populernya bisnis properti di Indonesia, Anda bisa menemukan banyak sekali buku, seminar maupun workshop yang membahas tips sukses berbisnis properti.

Untuk Anda yang juga tertarik mendalami bisnis properti, berikut ini kami berikan sedikit ulasan mengenai tips berbisnis properti. Semoga artikel ini bisa memberikan masukan dan inspirasi kesuksesan bisnis properti Anda di masa mendatang.

Tips dan Cara Memulai Bisnis Properti

Untuk memulai sebuah bisnis properti, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan dengan baik:

Memilih lahan

Dalam memilih lahan, pastikan Anda memilih lahan yang sangat prospektif. Pilihlah lahan yang dekat dengan keramaian seperti misalnya terminal, stasiun kereta api atau lahan yang dekat dengan pusat perbelanjaan.

Selain itu, Anda juga bisa memilih lahan yang dekat dengan lokasi perkantoran. Walaupun harga dari lahannya sendiri bisa lebih mahal, namun membeli lahan di tempat yang prospektif akan membuat keuntungan Anda berlipat ganda.

Buat anggaran biaya

Sebelum memulai membangun properti yang akan Anda jual atau Anda kelola, terlebih dahulu buatlah anggaran biaya. Anda juga bisa menyiapkan berbagai macam plan atau rencana untuk menghindari gagalnya rencana pertama Anda.

Sesuaikan bangunan dengan kebutuhan

Sesuaikanlah model bangunan yang akan Anda buat dengan kebutuhan dan lokasi tempat Anda membuat bangunan tersebut. Jika Anda membangun bangunan di lahan yang berdekatan dengan pusat pendidikan, Anda bisa membangun kost kostan atau kontrakan.

Jika Anda membangun bangunan di lokasi yang berdekatan dengan pusat perbelanjaan, Anda bisa membangun toko toko. Jika Anda memiliki lahan yang dekat dengan perkantoran, maka Anda bisa membuat perumahan kecil kecilan.

Carilah modal

Modal merupakan salah satu elemen paling vital dalam berbisnis properti. Anda bisa mendapatkan modal dengan berbagai macam cara, bisa dengan melalui peminjaman ke bank, join dengan perusahaan lain atau bisa juga dengan bekerjasama dengan beberapa orang sekaligus.

Pertimbangkan kredit

Jika modal tak terkumpul, maka Anda bisa menggunakan kredit kontruksi untuk pembangunan bangunan Anda. Tapi sebelum meminjam uang atau kredit untuk memulai berbisnis properti, Anda harus memperhatikan hal hal berikut ini;

  • Perhatikan cara atau rencana dalam mengembalikan kredit atau pinjaman yang telah Anda dapatkan dari bank atau penyedia pinjaman lainnya.
  • Perhatikan suku bunga yang digunakan dan juga besarnya bunga yang dibebankan kepada Anda.
  • Perhatikan hukuman yang akan Anda dapatkan jika tidak membayar kredit dan bunganya secara tepat waktu.
  • Perhatikan keuntungan dari pinjaman yang akan Anda dapatkan.
  • Perhatikan badan atau perorangan yang akan memberikan pinjaman kepada Anda.

Lakukan promosi

Dalam melakukan promosi, gunakanlah cara berpromosi yang tepat, cepat dan juga cerdas. Anda bisa memilih cara berpromosi dengan menyebar brosur, memasang baligo di tempat tempat strategis atau memasang iklan di berbagai media, baik itu media cetak, media online maupun media elektronik.

###

Kunci utama dalam memulai bisnis properti adalah kesungguhan dan kecerdasan Anda dalam menangkap peluang yang ada. Selain membangun properti untuk dijual, Anda juga bisa membangun properti untuk disewakan. Misalnya saja membuat gedung untuk pernikahan dan acara acara seremonial lainnya.

Buatlah rancang bangun yang tepat dan juga menarik untuk properti yang akan Anda bangun. Semakin baik kualitas dari bangunan yang Anda jual maka akan semakin cepat bangunan Anda laku dijual.

Perhatikan juga pangsa pasar dan tren properti di Indonesia akhir akhir ini. Hal ini sangat penting untuk membuat properti Anda tidak terlihat jadul di mata para calon konsumen Anda.