Tips dan Cara Menghindari Penipuan Bisnis Investasi

Tips dan Cara Menghindari Penipuan Bisnis InvestasiDewasa ini, melakukan investasi bukan hanya sebagai ajang bisnis, tetapi juga sebagai kebutuhan dan bahkan menjadi gaya hidup tersendiri bagi sebagian kalangan.

Bagi kaum hawa, investasi sendiri identik dengan yang namanya perhiasan emas, sedangkan bagi kaum adam, investasi identik dengan rumah dan tanah atau properti.

Apapun jenis investasi yang Anda pilih, sebaiknya Anda berhati hati karena akhir akhir ini banyak beredar investasi palsu yang bukannya memberikan keuntungan, tetapi malah memberikan kerugian yang besar terhadap Anda.

Dalam berbisnis investasi, Anda tidak boleh hanya ikut ikutan trend atau ikut kata teman. Anda harus mengetahui secara pasti kelebihan dan kekurangan dari uang yang Anda investasikan.

Banyaknya orang Indonesia yang memilih bisnis properti ternyata membuka ‘lahan’ baru bagi para penipu. Oleh karena itulah Anda dituntut untuk lebih berhati hati sebelum menginvestasikan harta Anda.

Tips Menghindari Penipuan Bisnis Investasi

Untuk bisa terhindar dari kedok penipuan dengan modus bisnis investasi, beberapa hal di bawah ini mungkin akan sangat berguna untuk Anda lakukan:

Jangan malu untuk belajar

Jangan merasa malu atau minder untuk belajar bisnis investasi, apapun jenis investasi yang akan Anda pilih. Perbanyaklah mencari informasi seputar bisnis investasi yang kini bisa Anda dapatkan dengan mudah baik di media cetak, televisi maupun di media internet.

Anda juga bisa mengikuti berbagai macam seminar yang mulai banyak digalakan oleh para kumpulan pebisnis investasi. Dengan melakukan cara cara ini, diharapkan Anda bisa memiliki kumpulan pebisnis investasi property dan bisa menghindarkan diri dari penipuan.

Jangan mudah terayu dengan promo investasi

Jangan mudah tergiur dengan ajakan melakukan investasi dengan keuntungan yang diluar nalar. Misalnya saja ada yang mengajak Anda berbisnis investasi dengan modal hanya seratus ribu Rupiah dan dalam jangka waktu tiga bulan bisa menjadi tiga puluh juta Rupiah.

Bisnis investasi butuh sesuatu yang ‘real’, bukan hanya isapan jempol semata. Anda bisa berfikir rasional sebelum melakukan bisnis investasi.

Buat kelompok atau grup berbagi

Membuat kelompok atau grup bisa membuat kita bebas bertukar fikiran dan berbagi informasi. Di era globalisasi seperti sekarang ini, Anda bisa membuat grup tidak hanya di satu lokasi saja, Anda bisa membuat grup di berbagai jejaring sosial seperti facebook, Twitter, website dan lain lain.

Hindari bisnis investasi instan

Hindari orang yang menawarkan bisnis investasi instan atau yang menawarkan investasi dengan uang yang kembali lagi dalam waktu singkat dan dalam jumlah yang tak wajar.

Hindari bisnis investasi dari orang yang baru Anda kenal

Bukannya berfikiran negative, tetapi Anda harus lebih berhati hati lagi jika Anda diajak berbisnis investasi dari orang yang baru saja Anda kenal. Apalagi jika model investasi yang ditawarkan diluar nalar atau bisa memberikan keuntungan dalam jumlah sangat besar dengan modal yang sangat kecil.

Tanyakan legalitas perusahaan penyedia investasi

Jika Anda ditawari untuk berinvestasi di sebuah perusahaan atau badan usaha, jangan lupa untuk menanyakan legalitas dari perusahaan atau badan usaha tersebut.

Jangan lupa juga untuk menelusuri kebenaran legalitas dari perusahaan ke beberapa instansi terkait, karena boleh jadi perusahaan tersebut membuat legalitas palsu.

####

Mulailah berinvestasi secara sehat dan cerdas, serampangan memilih model investasi bukannya membuat harta Anda bertambah, malah akan membuat harta Anda berkurang dan terbuang percuma. Itulah beberapa tips dan trik untuk memilih investasi dan cara menghindari bisnis investasi penipu. Semoga bermanfaat.