Tips dan Cara Memulai Bisnis Bengkel Motor

Tips dan Cara Memulai Bisnis Bengkel MotorSalah satu bisnis jasa yang sangat prospektif dan bisa memberikan keuntungan melimpah untuk Anda adalah jasa bengkel, terutama jasa bengkel motor.

Setidaknya ada beberapa hal penting yang membuat jasa bengkel motor bisa disebut sebagai bisnis jasa yang prospektif.

Pertama, jumlah motor atau kendaraan roda dua semakin hari semakin bertambah.

Banyaknya motor di jalanan merupakan fakta yang tidak bisa dielakkan lagi. mungkin Anda masih ingat di tahun 90-an pemilik motor adalah kalangan orang orang berduit saja.

Tapi setelah menjamurnya bisnis leasing dan kredit motor, maka kini orang dengan uang pas pasan atau bahkan kekurangan pun bisa memaksakan diri untuk memiliki motor.

Jalanan pun kini telah penuh sesak dengan motor dari berbagai perusahaan, ada motor dari Jepang, India, Eropa dan bahkan motor lokal. Semuanya berlomba lomba memberikan harga yang bersaing sehingga satu keluarga saja bisa memiliki lebih dari dua motor.

Kedua, motor keluaran terbaru kualitasnya dibawah motor jadul.

Motor jaman dulu rangkanya sangat kokoh dan kuat sehingga walaupun terjatuh saat digunakan juga tidak akan mudah rusak, bandingkan dengan motor jaman sekarang yang rangka dan bodinya didominasi oleh bahan plastik dan fiber. Sekali jatuh, maka sebagian bodi motor akan rusak.

Mungkin dari segi teknologi motor jadul kalah dari motor jaman sekarang, tapi dilihat dari segi kekuatan, motor jadul jauh lebih baik.

Ketiga, semakin banyak pengguna motor yang gila modifikasi.

Semakin hari modifikasi motor semakin beragam, banyak para pengguna motor yang sangat tergila gila untuk merubah motor mereka sehingga bisa tampil beda dari yang lain.

Bahkan banyak dari mereka yang tak mengerti mesin pun ikut ikutan mengotak atik mesin motor mereka. Alhasil, bukannya tambah bagus, motor mereka malah jadi rusak. Disinilah peran jasa bengkel motor akan terasa sangat vital.

Melihat banyaknya peluang yang ada, maka sudah saatnya Anda melirik bisnis bengkel motor ini. Jika Anda merasa kurang mahir di bidang otomotif, Anda bisa memperkerjakan orang lain di bengkel milik Anda.

Walaupun prospektif, tapi tak sedikit pemilik bengkel motor yang malah merugi. Untuk itulah dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips dan cara agar sukses dalam berbisnis bengkel motor.

Tips dan Cara Berbisnis Bengkel Motor

Nah, berikut ini adalah beberapa tips dan cara berbisnis bengkel motor yang bisa Anda terapkan sebelum memulai bisnis bengkel motor ini, antara lain:

Pilih lokasi yang strategis

Dalam berbisnis apapun, lokasi yang strategis menjadi harga mati. Anda tidak bisa berbisnis dengan baik jika lokasi tempat Anda berbisnis jauh dari keramaian dan bahkan sangat susah untuk dijangkau. Untuk usaha bengkel motor, usahakan untuk memilih lokasi yang tepat di depan jalan raya yang ramai.

Tentukan sasaran

Bengkel motor pun ada banyak jenisnya, ada bengkel modifikasi, bengkel reparasi dan yang lainnya. Tentukanlah sasaran calon pelanggan Anda, apakah sasarannya adalah mereka yang memiliki motor rusak, yang ingin memodifikasi motor atau yang lainnya.

Anda juga bisa membuka bengkel motor khusus untuk motor dari pabrikan tertentu saja, misalnya servis motor khusus motor Honda, motor Suzuki, Yamaha dan lain lain.

Lihat dan analisa pesaing

Dalam setiap bisnis atau usaha tentu saja ada saingan, begitu juga dengan usaha bengkel motor. Anda bisa melihat para pesaing Anda dari segi pelayanan maupun yang lainnya. Belajarlah dari saingan Anda dan bersainglah dengan sehat.

Visi dan misi yang jelas

Buatlah visi dan misi yang jelas dari usaha bengkel motor Anda. Pastikan bengkel motor Anda memiliki “nilai jual” dan “daya tawar” yang cukup tinggi. Jika memungkinkan, usahakan ada “differensiasi” atau perbedaan khusus yang bisa menjadi ciri khas bengkel Anda, sehingga pelanggan-pelanggan Anda nantinya akan lebih mengenal kualitas dan “perbedaan” tersebut.

###

Demikianlah beberapa tips dan cara memulai bisnis bengkel motor. Semoga bermanfaat.