Tip Wirausahawan Sukses Dalam Membangun Meaning

Tip Wirausahawan Sukses Dalam Membangun MeaningJika Engkau ingin mengetahui ba­gaimana akhir dari hidupmu, lihatlah saja arah kepalamu, sebab segala sesuatu akan sampai pada apa yang diarahkan hari ini.

Paul Arden

KESALAHAN MENDASAR SETIAP wirausaha baru, muncul saat ia beranggapan usaha dilakukan untuk mengejar ke­kayaan (uang) semata-mata. Meski uang akan datang dan menemani wirausahawan sukses, bukan itu yang harus dikejar seorang usahawan sejati. Wirausahawan sukses pertama-tama mengejar makna (meaning).

Berikut adalah tip untuk membangun meaning:

  • Jangan ingin cepat kaya, karena orang yang ingin cepat-cepat sukses juga cepat bosan, cepat gagal, tidak memiliki pondasi yang kuat, mengabaikan proses, dan banyak kehilangan persahabatan.
  • Jangan bekerja mengejar uang. Sebab kalau Anda mengejar uang Anda tidak mendapatkan “mean­ing” dan kehilangan uang. Kejar dan bangunlah “meaning” maka Anda akan mendapatkan dua-duanya sekaligus uang dan kebahagiaan.

Janganlah berpikir engkau harus menang. Pikirkanlah apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan apa yang benar-benar ingin kau lakukan.

Phyllis E. Grann

  • Beri penghargaan pada orang-orang yang berjasa pada usaha Anda dan fokus pada upaya membangun kebahagiaan.
  • Cari suatu tindakan yang terpuji dan lakukan, sebaik mungkin bukan untuk untuk menerima pujian namun untuk menjadi prestasi Anda. Tindakan terpuji itu bisa berupa inovasi bersama, manajemen yang baik,suasana kerja yang kondusif, partisipasi sosial, kontributi positif bagi komunitas, pengembangan karier atau kehidupan orang lain, pandangan-pandangan positif dam dimengerti banyak orang, keterlibatan dalam pendidikan, inisiatif-inisiatif terobosan, dan sebagainya.
  • Warisan bersejarah. Jangan hanya berpikir menciptakan kekayaan untuk keturunan Anda saja. Sebab warisan yang demikian akan habis sia-sia, dan kalau anda sudah mencarikan mereka (keturunan Anda) seluruh yang mereka butuhkan, mereka akan mencari apa lagi? Warisan bersejarah yang dinikmati orang selain keluarga akan memberikan kebahagiaan pada orang yang lebih banyak, mendatangkan doa dan syukur.
  • Bangun etika, moral, dan tata nilai. Yang mem­buat usaha seseorang tumbuh menjadi besar bukanlah inovasi dan teknologi, tetapi tata nilai positif yang di­pegang oleh seluruh orang dalam perusahaan dan ditela­dani dari pemimpin atau pendirinya. Bangunlah tata nilai, tentukan apa-apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh siapapun di perusahaan Anda.
  • Hidup Anda akan bermakna kalau hidup orang­-orang disekitar Anda juga bermakna. Buatlah hidup me­reka bermakna, bermartabat, dan sejahtera.