Syarat Jual Beli Terkait dengan Pengiriman Barang


Pernah suatu ketika saya mendapatkan email berisi penawaran barang. Di akhir email tersebut, si penjual memberikan harga kepada saya dengan tambahan keterangan pengiriman barang domestik : franco gudang. Pada saat itu saya tidak tahu apa itu franco gudang. Karena saya takut dibilang “pengusaha udik” (padahal iya), akhirnya saya cari apa sih franco gudang itu. Ternyata franco gudang adalah syarat jual beli terkait masalah pengiriman barang. Dan syarat jual beli ini “masih ada teman-temannya” yang lain.

Berhubung saya yakin anda juga akan sakit hati kalau nanti ada yang bilang kepada anda “pengusaha udik”, maka sebelum hal itu terjadi kepada anda, saya jelaskan apa saja syarat jual beli yang terkait pengiriman barang tersebut.

  1. Loko Gudang
    Pada syarat jual beli ini, pembeli harus menganggung biaya pengiriman barang dari gudang penjual ke gudang pembeli.
  2. Franco Gudang
    Kebalikannya syarat jual beli loko gudang, pada syarat jual beli ini, penjual menanggung biaya pengiriman barang sampai ke gudang pembeli.
  3. Free on Board
    Kalau anda sudah mulai terlibat perdagangan luar negeri, ada bisa saja dikenakan syarat jual beli free on board. Pemberitahuannya biasanya dikirim lewat surat bisnis atau email. Free on board adalah syarat jual beli yang membebankan biaya pengiriman barang kepada pembeli dari luar negeri. Biaya pengiriman barangnya meliputi biaya dari pelabuhan muat penjual sampai ke pelabuhan penerima yang digunakan oleh si pembeli. Penjual di dalam negeri, dalam hal ini Indonesia, hanya menanggung biaya pengangkutan sampai ke pelabuhan muatnya saja.
  4. Cost, Freight, and Insurance
    Kadang-kadang dalam surat perjanjian jual beli disebutkan bahwa penjual harus menanggung cost, freight and insurance. Anda tidak perlu bingung dengan syarat jual beli ini. Cost, freight and insurance ini adalah syarat jual beli dimana penjual harus menanggung biaya pengiriman barang dan asuransi kerugian atas barang yang dikirim.

Sekarang anda sudah tidak lagi disebut “pengusaha udik”. Anda sudah tahu keempat syarat jual beli yang terkait dengan pengiriman barang yang telah saya terangkan di atas. Jadi jangan sampai kalau nanti anda dikirimi surat penawaran bisnis atau ditanya pembeli, “Pak, biaya pengiriman barang-nya loko gudang apa franco gudang?”.


BACA JUGA TIPS WIRAUSAHA BERIKUT INI:

6 Tips Membangun Bisnis Fashion

TIPSWIRAUSAHA.COM – Memiliki keahlian dalam bidang fashion, tidak menutup kemungkinan akan mendatangkan keuntungan. Saat Anda memiliki kegemaran seperti menggambar atau mendesain baju misalnya, akan lebih baik jika diaplikasikan dalam bisnis fashion. Selain kreatifitas Anda yang akan terus berkembang, Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari hobi Anda. Yah, membangun bisnis fashion tidak sama dengan bisnis lainnya. Banyak hal […]

Ingin Bisnis Sukses? Ikuti Langkah Berikut!

TIPSWIRAUSAHA.COM – Banyaknya jumlah pengangguran, membuat sebagian orang lebih memilih untuk membuka usaha sendiri. Dan ini terjadi setiap tahunnya, di mana selalu ada saja jenis-jenis bisnis dan usaha baru. Yah, selain karena alasan hobi, mereka juga pastinya ingin membuka lapangan kerja bagi orang lain, dan tentunya ingin bekerja untuk diri mereka sendiri. Namun, tidak semua […]

Tips Sukses Berbisnis Ayam Potong

Kebutuhan masyarakat akan daging ayam terus meningkat. Peningkatan minat masyarakat terhadap ayam potong (broiler) menyebabkan peningkatan produksi ternak ayam potong. Sayangnya tidak semua peternak ayam potong mampu mengelola peluang ini dengan baik sehingga mereka harus menutup usahanya. Berbisnis ayam potong, Anda harus memperhatikan beberapa faktor yang menentukan keberhasilan Anda menjalankan bisnis ini. Berikut ini tips […]

  • Ilham

    Kok gak da contohnya!!!!
    :(

  • http://twitter.com/ex_intan Ex_intan-28

    mbuh ga jelas apa yang dimaksud….yang di cari contoh suratnya bukan ceritanya…………………

  • hasem

    gak mudeng

  • isom

    nice inpoh gan
    (y)

  • shitie

    Aduh w maunya contoh suratnya bukan kya gini kali

  • ali yh

    Thank u bos. Baca sekilas ane langsung paham, good lucky.

  • Nay

    haduh,,,
    kok gak ada contohnya ya….
    seharusnya contoh suratnya juga donk!!!!
    koalo kayak gini ya susah mudengnya…..

Kategori Hukum dan Bisnis :: Kata Kunci: , , , , , , , , contoh surat perjanjian penitipan barang, kasus pelanggaran perjanjian jual beli7 Komentar

Artikel Populer Hari Ini

Baca Artikel Kami via Email

Daftarkan email Anda dan dapatkan kiriman artikel dan info bisnis terbaru dari kami. GRATIS!
** Cek email Anda untuk konfirmasi layanan ini.

Minyak Tawon Asli Makassar

Anda butuh minyak tawon asli Makassar? Kami adalah agen resmi minyak tawon PT Tawon Jaya Makassar. Tersedia minyak tawon tutup putih dan minyak tawon tutup merah asli dengan harga terjangkau!