Syammahfuz Chazali, Berawal Dari Renungan Kloset

Syammahfuz Chazali, Berawal Dari Renungan KlosetGagasan awal Syam untuk manfaat kotoran sapi muncul sekitar September 2006. saat merenung ketikabuang hajat, tiba-tiba saja terbersit dibenaknya untuk menjadikan ampas perut berbau tersebut sebagai bahan campuran keramik. Pria kelahiran Medan pada 5 November 1984 ini teringat kenyataan bahwa tanah yang kering dan tandus bisa menjadi bagus kalau dicampur dengan kotoran sapi.

Renugan kloset itu ters menggugah pikirannya. Ia sibuk mencari referensi mengenai seluk-beluk per-tlethong-an guna menjawab rasa penarasannya. Selain melalui buku-buku, ia juga berusaha mengumpulkan berbagai informasi tentang kemungkinan pengolahan tlethong dari teman-temannya. Dari penelitian sederhana ia mendapati bahwa selain memiliki tekstur lembut dan mengandung banyak serat, faeces (kotoran) sapi mengandung silikat – sejenis bahan perekat – sebesar 9,6%. Di situ Syam mengemukakan gagasannya untuk memanfaatkan tlethong sebagai campuran baha baku gerabah.

Sebulan kemudian, Syam bersama empat orang temannya Fatmawati dan Agus Nugroho dari Jurusan Sosek, Fakultas Pertanian, serta Wusono Bayu Pamungkas dan Irawan Nurcahyo dari fakultas peternakan membentuk tim yang mereka beri nama Faerumnesia. Nama ini berasal dari istilah peternakan yang berarti kotoran dari lambung sapi Indonesia, yakni faeces (kotoran atau tinja), ruminant (perut sapi atau binatang memamah biak), dan sia yang merupakan kependekan Indonesia).

 

BIODATA

SYAMMAHFUZ CHAZALI

Medan, 05 November 1984

Email : syam_lupie@yahoo.com

PENDIDIKAN :

2003 – sekarang Mahasiswa S1 Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian UGM

NAMA USAHA :

PT. Faerumnesia 7G (Gerabah dari Limbah Peternak Sapi)

Alamat : J. Flora bulaksumur, Yogyakarta. Telp. 0274516656

Website : www.faerumnesia.com

PENGHARGAAN :

2008 Finalis Wirausaha Muda Mandiri

2008 Lolos 50 Besar untuk mengikuti intensive-Student Technopreneurship Program RAMP

2008 Lolos Program Creativitas Mahasiswa 2008 DIKTI

2007 Pemenang I Lomba Bisnis Plan Pemuda 2007 Tingkat Nasional oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga

2008 Juara 1 sebagai Penyaji terbaik 1 pada PIMNAS ke XXI di Unisula

2007 Penghargaan dari Kementrian Pemuda dan Olahraga sebagai Bisnisplan Pemuda Teladan

2008 Juara II lomba bisnis plan competition di Fakultas Peternakan UGM

2007 Penerima penghargaan dari Rektor UGM sebagai mahasiswa berprestasi di bidang kewirausahaan

2007 Juara II lomba bisnis plan entrepreneurship for charity tingkat nasional dengan judul “Desain Lantai Keramik yang Nyaman untuk Balita”

2007 Pemenang grant karya inovation dana penelitian dari proyek DUE-like BATCH IV UGM dengan judul Alternatif pemanfaatan kompos dari industri peternakan sapi bsebagai bahan campuran aneka kerajinan gerabah.

Secara bisnis, tim yang dikemudian hari berkembang menjadi kelompok wirausaha ini melihat kotoran sapi memiliki potensi besar yang belum di optimalkan masyarakat. Padahal menurut perhitungan mereka dalam setahun Indonesia bisa menghasilkan kotoran sapi sekitar 5,8 juta ton. Hampir semuanya belum termanfaatkan.

Sumber Buku: Wirausaha Muda Mandiri