Survei dari Usaha yang Laris


Survei dari Usaha yang LarisPernah Anda melihat usaha jajanan gerobak yang dikerubungi pembeli bahkan sampai antre? Pasti pernah, ya? Saya paling senang mencoba jajanan yang ramai pembeli karena ingin tahu lalu kalau memang rasanya cocok kemungkinan besok-besok saya akan kembali untuk jajan.

Buat Anda yang ingin buka usaha jajanan, coba untuk melakukan icip-icip ke beberapa usaha sejenis yang ramai. Icip-icip ini sekaligus melakukan survei langsung dan pencatatan perbandingan apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing usaha. Bila Anda ingin buka usaha mi ayam, Anda tinggal datang mencoba ke usaha mi ayam yang laris manis, asah kepekaan Anda untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing usaha mi tersebut.

Hal yang perlu Anda perhatikan saat survei produk adalah (contoh dalam usaha mi ayam):

1. Isi produk

Anda harus memperhatikan isi dan mi yang dihidangkan, misal: menggunakan mi keriting atau mi kuning, bumbu ayamnya, minyak, sayur yang dipakai, dan sebagainya.

2. Rasa produk

Anda harus mencoba cita rasa dan kekhasan rasa mi tersebut. Apakah mi dibuat dengan rasa ala chinese, ala wonogin, dan sebagainya.

3. Jumlah dalam porsi

Anda harus memperhatikan banyaknya komposisi hidangan, misal berapa banyak mi yang bisa diukur dan isi dalam mangkok, berapa sendok makan banyak bumbu ayam, berapa potong sawi termasuk berapa banyak pelengkapnya seperti berapa bakso yang diberikan dalam satu porsi atau begitu juga pangsitnya.

4. Cara penyajian

Anda harus melihat bagaimana mi tersebut diolah dan cara penyajiannya. Misal, mi tersebut direbus berapa lama, bagaimana urutannya mi dulu, minyak dulu, atau kecap dulu? Kemudian disajikan terpisah atau campur dengan pelengkapnya dan sebagainya.

5. Perangkat produk

Anda harus memperhatikan apa saja perangkat dan peralatan yang dipakai untuk usaha. Seperti jenis mangkok untuk menghidangkan mi, besar kecilnya, jenis sendok dan garpu bahkan sumpitnya, dan perangkat lain yang dibutuhkan usalia mi ayam.

6. Pelengkap produk

Anda harus memperhatikan apa saja yang menjadi pelengkap usaha dan jenisnya. Seperti dalam usaha mi ayam pelengkapnya adalah jenis bakso, pangsit, sambal botol, kecap asin, dan sebagainya.

7. Menu penunjang lainnya

Anda perlu memperhatikan menu apa saja yang dijual bersama produk utama. Seperti minuman apa yang cocok dijual bersama, atau makanan kecil lain seperti kerupuk atau gorengan dan bahkan menu jajanan lain misal, bakso kuah, pangsit rebus, mi jenis lainnya.


BACA JUGA TIPS WIRAUSAHA BERIKUT INI:

Sukses di Usia Muda dengan Bisnis Online

TIPSWIRAUSAHA.COM – Sukses di usia mudah pasti semua orang itu menginginkannya, siapa sih yang tidak menginginkan kesuksessan di usia yang relative masih dini atau masih muda. Kami yakin banyak yang menginginkan hal tersebut. Bisa terbayangkan di pelupuk mata jika anda sukses di usia mda maka anda akan menjadi manusia terkaya di Indonesia atau bahkan bisa […]

Analisa Bisnis Ayam Kampung

TIPSWIRAUSAHA.COM – Minat membuka usaha pemeliharaan ayam kampung boleh dibilang cukup tinggi. Pertanyaan yang sering muncul untuk usaha ini adalah berapa besar dana yang harus diinvestasikan dan berapa jumlah keuntungan yang bisa diperoleh. Belajar dari catatan seorang pengusaha seorang peternak ayam kampung, mari kita membuat perhitungannya. Yang pertama perlu dibuat adalah kandang untuk memelihara ayam. […]

Manisnya Keuntungan Berjualan Angsle

TIPSWIRAUSAHA.COM ~ Peluang bisnis bisa muncul dari mana saja termasuk dari kuliner tradisional Indonesia. Salah satu kuliner khas Indonesia yang memiliki peluang bisnis yang cukup bagus adalah Angsle. Mungkin Anda bertanya-tanya apa sih Angsle itu? Angsle adalah kuliner tradisional Jawa yang pembuatannya hampir sama seperti kolak namun dari segi tampilannya Anda akan mengira kalau makanan […]

Kategori Usaha Jajanan Gerobak :: Kata Kunci: , , , , model gerobak gorengan, jajan gorengan paling laris0 Komentar

Artikel Populer Bulan Ini

Baca Artikel Kami via Email

Daftarkan email Anda dan dapatkan kiriman artikel dan info bisnis terbaru dari kami. GRATIS!
** Cek email Anda untuk konfirmasi layanan ini.

Minyak Tawon Asli Makassar

Anda butuh minyak tawon asli Makassar? Kami adalah agen resmi minyak tawon PT Tawon Jaya Makassar. Tersedia minyak tawon tutup putih dan minyak tawon tutup merah asli dengan harga terjangkau!