Riset Pemasaran Sebelum Menjalankan Bisnis

Riset Pemasaran Sebelum Menjalankan BisnisRiset pemasaran atau riset pasar (market research) merupakan hal yang sangat penting dalam keberlangsungan sebuah bisnis.

Riset pemasaran merupakan suatu langkah atau proses yang dilakukan dalam mengumpulkan beberapa informasi secara sistematis mengenai jenis pemasaran yang baik dan bagaimana seluk-beluk pemasaran itu.

Informasi yang didapatkan ini, nantinya akan bisa menghasilkan beberpan kumpulan informasi dan insight dalam memutuskan rencana pemasaran yang akan dilakukan.

Adapun tujuan dari riset pemasaran ini adalah untuk membantu kita dalam pengambilan keputusan, membantu untuk melakukan peningkatan produk, dan bisa mengurangi risiko kegagalan dalam bisnis.

Ada begitu banyak jenis riset, tapi riset yang sangat dasar yang perlu diketahui adalah riset primer vs sekunder dan riset kuantitatif vs kualitatif.

Contoh riset sekunder yaitu mengambil informasi dari data yang sudah tersedia misalnya mengambil dari internet atau beberapa sumber lainnya. Ketika anda mencari data, maka data yang anda harus ambil yaitu data yang benar-benar relavan. Sedangkan pada riset primer kita memperoleh data secara langsung ke target riset kita, misalnya saja pada konsumen atau responden.

Sementara untuk riset kuantitatif yaitu mengumpulkan data informasi menggunakan kuesioner yang dalam hal ini bersifat statistik. Sedang riset kualitatif adalah pengumpulan informasi dan data yang dilakukan dengan  observasi atau interview (wawancara).