Poin Penting Ketika Merencanakan Investasi

Poin Penting Ketika Merencanakan InvestasiPerencanaan investasi merupakan suatu proses usaha yang Anda lakukan dan bagaimana cara Anda melakukan akumulasi aset dan pendapatan rutin yang telah Anda punyai saat ini guna untuk mempersiapkan adanya suatu kebutuhan dana di masa mendatang.

Kebutuhan dana di masa mendatang tersebut mungkin saja adalah biaya sekolah anak anda, persiapan untuk dana pensiun, pernikahan anak-anak Anda dan kewajiban yang lainnya.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah dan poin penting yang bisa Anda pertimbangkan ketika sedang berencana untuk melakukan investasi:

Tentukan tujuan anda

Menentukan apa tujuan anda untuk berinvestasi misalnya seperti yang tertera diatas atau apakah dana yang Anda investasikan tersebut dalam hal mengamankan dana anda, mendapatkan penghasilan rutin atau mengharapkan adanya suatu perkembangan dana. Apabila Anda sudah menentukan pilihan maka bisnis investasi anda akan berjalan sesuai dengan yang anda pilih.

Menentukan kapan dana investasi akan digunakan

Sudah seharusnya Anda mengetahui kapan anda membutuhkan dana tersebut, berapa nilai yang di butuhkan dan dalam hal apa anda menggunakan dana tersebut

Kenali resiko ketika berinvestasi

Setiap investasi sudah pasti memiliki resiko. Tidak ada suatu investasi yang terbebas dari adanya resiko. Namun anda harus ingat dibalik adanya suatu resiko pasti juga ada keuntungan.

Monitoring dan evaluasi

Monitoring investasi berguna dalam mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan apabila rencana yang Anda lakukan melenceng jauh dari harapan Anda.

Anda akan menjadi seorang pengambil keputusan utama mengenai hal dan tindakan yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki semuanya. Ingat, jangan hanya memperoleh informasi dari orang lain atau dari advisor. Anda juga perlu memutuskan pilihan investasi Anda sendiri!