Perizinan Usaha

Perizinan UsahaApakah usaha jajanan butuh izin usaha? Izin apa yang dibutuhkan untuk usaha jajanan gerobak? Usaha jajanan gerobak bila ingin dikelola dengan baik dan benar sebaiknya harus memperhatikan izin-izin yang terkait dengan usahanya.

Izin yang paling dasar saja, seperti izin RT/RW dan kelurahan sebaiknya diurus. Walaupun usaha jajanan gerobak masih skala kecil dan rumahan akan lebih tenang bila Anda mengurus izin-izin dasarnya terlebih dahulu.

Bila sedari awal Anda sudah mengurus izin yang diperlukan, mudah-mudahan jalan usaha Anda lebih tenang karena mengantongi izin. Bila ada komplain dari tetangga atau lingkungan sekitar Anda dapat menunjukkan izin yang sudah diperoleh dan dapat menyelesaikan masalah yang terjadi dengan prosedur yang tepat. Bila Anda tidak mengantongi izm usaha seperti izin RT/RW, Anda akan dapat terkena masalah seperti penutupan usaha walaupun itu di rumah tinggal Anda sendiri. Runyam kan kalau usaha yang sudah dibangun dan berjalan beberapa saat harus ditutup karena tidak ada izin dari pejabat setempat?

Untuk itu mulai dari awal gali informasi izin usaha dari RT, RW, dan kelurahan di mana tempat Anda ingin buka usaha, karena tidak semua wilayah memberikan izin usaha di lingkungannya walaupun itu di tempat tinggal kita sendiri