Kriteria yang Dapat Membantu Menentukan Franchise

Jika Anda ingin memiliki sebuah bisnis dan menjadi boss dan berpendapat, dengan melalui franchise ini semua dapat diraih. Tapi mungkin Anda bingung, franchise mana yang akan Anda pilih. Berikut beberapa kriteria yang dapat membantu Anda untuk menentukan.

1. Jenis Product
Jenis industri apa yang Anda sukai? Adalah pilihan yang tepat bila Anda menjalankan sebuah franchise dimana Anda memiliki pengetahuan mengenai produk yang dijual. Jangan Anda menjalankan suatu bisnis yang tidak Anda sukai dan terjerat didalamnya sembari membayar franchise fee terus menerus. Wow.. pasti menyebalkan.

2. Modal Anda
Modal adalah hal yang penting. Jika Anda hanya punya 10 juta, jangan beli franchise 50 juta, walaupun Anda sangat menyukai produknya. Karena biaya-biaya lain saat menjalankan franchise akan melilit Anda dan bisnis Anda mati sebelum bertumbuh.

3. Total biaya
Franchise fee bukan satu-satunya pengeluaran Anda. Masih perlu Anda pertimbangkan hal lainya seperti, biaya advertising, training, inventory, asuransi dan biaya-biaya lainnya. Jadi hitunglah dengan cermat.

4. Latar belakang franchise
Anda perlu pelajari keberadaan perusahaan franchise tersebut, seperti:

Keberadaan perusahan, apakah manajemennya bersih? pernah mengalami kebangkrutan?
Sudah berapa lama berdiri?
Berapa banyak franchise yang telah dibuka?
Dimana saja mereka beroperasi?

5. Track record dari franchise
Apakah peserta franchise ini ada yang berhasil? Anda dapat menghubungi mereka terlebih dahulu untuk menanyakan pengalaman mereka.

6. Training dan support
Anda perlu mengetahui training apa saja yang diberikan. Support apa saja yang disediakan oleh franchise tersebut. Petunjuk manual apa saja yang Anda dapatkan. Hal-hal seperti ini juga harus Anda teliti.

7. Jarak dengan saingan
Ini perlu dipertimbangkan, bagaimana penyedia franchise mengatur lingkup wilayah penjualan.

8. Harga Supplies
Biasanya franchise mewajibkan peserta untuk membeli supply dan product dari mereka. Perlu Anda teliti, apakah harganya bersaing atau lebih mahal? karena dengan menjual produk yang lebih mahal dari harga pasaran, akan cukup menyulitkan.

9. Contract Term tentang kepemilikan
Hal-hal yang berhubungan dengan hak kepemilikan seperti:

Dapatkah mengover contract pada orang lain?
Merubah franchise Anda menjadi independent store?
Cara perpanjangan contract

10. Criteria dari franchise, apakah mereka melakukan screening untuk calon franchisee, atau mereka hanya tertarik pada franchise fee saja.

11. Daya serap pasar, seberapa besar pasar yang mampu menyerap product franchise tersebut.