Kelebihan dan Kelemahan Badan Usaha Firma


Firma  adalah sebuah persekutuan antara 2 orang atau lebih dengan nama bersama yang bertujuan untuk menjalankan usaha bersama. Tanggung jawab masing-masing anggota badan usaha firma, yang disebut firman adalah tidak terbatas. Laba yang diperoleh jika anda menggunakan badan usaha firma ini akan dibagi bersama-sama. Begitu pula jika menderita kerugian, semua anggota firma menanggung beban kerugian tersebut. Seperti halnya badan usaha yang lain, badan usaha firma juga mempunyai kelebihan dan kelemahan.

Kelebihan Badan Usaha Firma

  1. Karena jumlah modalnya lebih besar dibandingkan dengan usaha perseorangan, badan usaha firma lebih mudah untuk memperluas usahanya.
  2. Kemampuan manajemen badan usaha firma lebih besar karena adanya permbagian kerja di antara para anggota. Semua keputusannya diambil bersama-sama.
  3. Badan usaha firma tidak memerlukan akte, jadi pendiriannya relatif lebih mudah.

Kelemahan Badan Usaha Firma

  1. Tanggung jawab pemilik tidak terbatas terhadap seluruh utang perusahaan.
  2. Apabila salah seorang anggota membatalkan perjanjian untuk menjalankan usaha bersama maka secara otomatis badan usaha firma menjadi bubar sehingga kelangsungan perusahaan tidak menentu.
  3. Jika salah satu anggota membuat kerugian, maka kerugian tersebut juga ditanggung oleh anggota yang lain.

Khusus untuk poin 1 dari kelemahan badan usaha firma, perlu saya jabarkan lagi agar anda mengetahui apa yang dimaksud dengan tanggung jawab tidak terbatas. Contohnya bisa anda lihat berikut ini :

Ada 3 orang yang sepakat membuat usaha toko pengecer dengan menggunakan badan usaha firma. Total modal yang diinvestasikan adalah 700 ribu dengan perincian :

  1. Si A punya investasi di toko pengecer sebesar 400 ribu rupiah dengan kekayaan pribadinya 0 rupiah.
  2. Si B punya investasi di toko pengecer sebesar 200 ribu rupiah dengan kekayaan pribadinya 0 rupiah.
  3. Si C punya investasi di toko pengecer sebesar 100 ribu rupiah dengan kekayaan pribadinya 100 rupiah.

Dengan berbagai alasan, toko tersebut mempunyai utang sebesar 800 ribu rupiah. Sedangkan modal yang ditanam seluruh anggota hanya 700 ribu rupiah. Akhirnya seluruh modal yang ditanam digunakan untuk membayar utang perusahaan dengan sisa utang 100 ribu rupiah. Sisa utang tersebut harus dibayar dari kekayaan pribadi. Berhubung si A dan si B tidak memiliki kekayaan pribadi, maka sisa utang tersebut harus dibayar oleh si C yang mempunyai kekayaan pribadi sebesar 100 ribu rupiah.

Selain itu, walaupun para anggota mempunyai kesatuan nama dalam menjalankan usaha dan perusahaan mempunyai kekayaan sendiri yang terpisah dari kekayaan masing-masing anggota, namun pada umumnya badan usaha firma bukanlah badan hukum, melainkan sebutan dari anggota bersama-sama.


BACA JUGA TIPS WIRAUSAHA BERIKUT INI:

Manisnya Berbisnis Salad Buah

Salad merupakan salah satu makanan yang kini sangat mudah dijumpai. Makanan yang telah dikonsumsi oleh orang yunani kuno dan romawi ini sangat digemari oleh banyak orang terlebih karena kandungan gizi yang terdapat didalamnya. Di Indonesia,  awalnya salad hanya dijumpai di restoran-restoran. Namun belakangan ini, salad juga bisa didapatkan di pinggir jalan. Kuliner sehat ini terbagi […]

Tips Promosi Dalam Bisnis Online

Saat ini bisnis online semakin banyak peminatnya di Indonesia, berbagai jenis bisnis online sudah dapat kita temukan secara mudah di internet mulai dari bisnis online yang berbasis informasi hingga bisnis berjualan suatu produk. Dalam hal ini,  bisnis online juga sama halnya dengan bisnis offline yang perlu promosi, karena dengan berpromosi, semakin besar peluang kita untuk […]

Tips Merekrut Karyawan Agar Bisnis Sukses

Tips merekrut karyawan yang akan kami hadirkan ini semoga memberikan sebuah langkah konkret kepada Anda tentang solusi perekrutan karyawan. Proses merekrut karyawan terkadang membuat para pengusaha pemula merasa tertekan dan bingung harus seperti apa. Hal ini terjadi karena mereka belum mengetahui bagaimana teknik yang paling tepat dan kemudian perihal apa yang harus diperhatikan dalam merekrut seorang […]

Kategori Hukum dan Bisnis :: Kata Kunci: , , , , , , , ciri ciri badan usaha firma, Ciri badan usaha firma, ciri badan usaha firma?, ciri-badan usaha firma, ciri-ciri badan usaha firma1 Komentar

Artikel Populer Hari Ini

Baca Artikel Kami via Email

Daftarkan email Anda dan dapatkan kiriman artikel dan info bisnis terbaru dari kami. GRATIS!
** Cek email Anda untuk konfirmasi layanan ini.

Minyak Tawon Asli Makassar

Anda butuh minyak tawon asli Makassar? Kami adalah agen resmi minyak tawon PT Tawon Jaya Makassar. Tersedia minyak tawon tutup putih dan minyak tawon tutup merah asli dengan harga terjangkau!