Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas

Kelebihan dan Kekurangan Investasi EmasSeperti yang telah diketahui, emas adalah salah satu investasi yang sangat aman. Selain itu, emas juga berguna untuk melindungi aset dari gerusan inflasi.

Meski demikian, harga emas dapat bergerak sesuai dengan keadaan pasar. Pergerakannya yang kadang naik membuat emas menjadi satu pilihan investasi bagi masyarakat sejak dulu.

Salah satu keuntungan yang didapatkan dari investasi emas yaitu nilainya yang cenderung sangat stabil dan menjadikannya lebih berguna untuk pengeluaran rumah tangga dalam waktu jangka panjang seperti misalnya biaya naik haji atau biaya pendidikan anak.

Dalam investasi emas Anda tidak dituntut untuk memiliki ketrampilan yang khusus, hanya membutuhkan biaya yang kecil guna menyewa suatu save deposit box atau bisa disimpan pada tempat yang aman di dalam rumah.

Investasi emas berbeda dengan jenis investasi lainnya seperti saham, reksadana, dan lainnya yang harus memerlukan suatu perhatian khusus. Selain itu, emas dapat lebih menguntungkan sebab setelah dibeli emas dapat didiamkan saja beberapa lama.

Meski dengan adanya beberapa kelebihan tersebut, investasi emas juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan dari investasi emas yaitu jika anda menyimpan emas dalam jumlah yang banyak maka ini lebih relatif berisiko karena emas rawan terhadap kasus pencurian. Selain hal itu, jika menyimpan emas di save deposit box bank maka Anda dapat mengeluarkan biaya yang banyak.