Hambatan dan Kendala Usaha Jajanan Gerobak

Hambatan dan Kendala Usaha Jajanan GerobakKenaikan harga bahan-bahan kebutuhan baku yang juga merupakan bahan baku usaha jajanan gerobak. Keluhan tersebut juga sering terdengar dari ibu-ibu rumah tangga yang mengeluhkan harga bahan pokok seperti beras, minyak goreng, terigu, sayuran, daging yang terus naik di pasar.

Sebenarnya hal yang sama juga menjadi keluhan para pengusaha jajanan gerobak karena harus terus memperhitungkan harga agar tidak rugi. Lebih sulit lagi bila harga naik dengan tajam dan tidak bisa diprediksi. Tapi yang namanya usaha rasanya tak lengkap bila tidak ada hambatan atau kendalanya. Selama menjalankan usaha akan selalu ada hal-hal yang menjadi hambatan atau kendala.

Setiap usaha tidak selalu berjalan mulus, usaha jajanan gerobak pun tidak selalu berjalan sesuai yang diharapkan dan pasti akan mengalami hambatan juga kendala. Dalam perjalanannya kendala yang dihadapi beraneka macam.

Dalam usaha jajanan gerobak hambatan dan kendala yang sering timbul antara lain:

1. Kurang modal

Kurang modal sering kali menjadi kendala untuk buka usaha jajanan gerobak. Akhirnya karena kurang modal atau tidak ada modal banyak yang urung untuk buka usaha.

Cara mengatasinya adalah dengan memaksimalkan alat-alat rumah tangga sehingga dapat mulai usaha dengan alat yang ada terlebih dahulu, sehingga membutuhkan modal yang tidak besar.

2. Tidak bisa memasak

Bila Anda tidak bisa memasak tapi tahu rasa, Anda tetap bisa untuk buka usaha di bidang jajanan gerobak asal Anda tahu cara membuatnya.

Cara mengatasinya adalah ikut kursus dan pelatihan memasak produk jajanan yang ingin Anda jual.

3. Persaingan usaha yang ketat

Semakin banyak usaha jajanan gerobak yang berdiri membuat persaingan bisnis jajanan ini semakin ketat. Konsumen Iebih memilih usaha jajanan yang enak dan harganya terjangkau.

Cara mengatasinya adalah dengan meningkatkan kualitas rasa, pelayanan, memberikan harga yang bersaing dan melakukan promosi yang tepat sehingga akan mendapatkan pelanggan Iebih banyak.

4. Belum mendapatkan keuntungan usaha

Banyak pemilik usaha mengeluh karena belum mendapatkan keuntungan yang diinginkan bahkan banyak yang memvonis usahanya rugi karena belum bisa untung besar!

Cara mengatasinya adalah dengan mengadakan evaluasi usaha, koreksi kekurangan-kekurangan pada usaha seperti rasa yang kurang enak, harga yang terlalu mahal, lokasi yang kurang strategis, dan sebagainya. Setelah menemukan kekurangan pada usaha perbaiki dan terus mencoba langkah perbaikan sehingga usaha dapat berkembang maju.

5. Kenaikan harga bahan baku masakan

Masalah kenaikan harga kerap kali jadi hambatan bagi usaha jajanan gerobak karena apabila ikut menaikkan harga dikhawatirkan terlalu mahal dan tidak terjangkau sehingga dapat mengurangi pelanggan.

Cara mengatasinya adalah dengan membuat paket-paket hemat dan ekonomis dengan mengurangi sedikit porsi makanan tapi tidak mengurangi kualitas rasa. Atau tidak dapat mengelak untuk menaikkan harga tetapi benar-benar diperhitungkan agar tidak terlalu mahal pasti konsumen akan tetap memaklumi kalau harga jajanan Anda naik sedikit.