Gunakanlah Entitas yang Bagus Seperti Perusahaan Dengan Liabilitas Terbatas

Entitas atau bentuk perusahaan merupakan topik bisnis yang jarang dibahas. Padahal memilih struktur entitas yang tepat untuk sebuah bisnis sama pentingnya dengan memilih mitra yang tepat untuk sebuah usaha. Kok bisa? Begini, misalkan anda memasuki bisnis dengan katakanlah orang, partner atau mitra yang salah. Maka bisa dipastikan usaha anda mungkin akan gagal di awal. Orang atau mitra yang salah bisa saja membelanjakan uang anda entah kemana rimbanya. Atau mungkin membuat perusahaan anda berkewajiban atas kontrak bisnis yang tidak bisa anda penuhi, dan bisa jadi menghancurkan semua rekan kerja anda sebelum produk atau jasa pertama dibuat.

Mitra yang salah juga bisa membuat anda tidak terlindungi dan menghabiskan semua usaha serta energi anda. Saya pernah mengalaminya, bermitra dengan orang yang salah. Akhirnya bisnis saya tersebut hancur lebur. Bukan karena prospek atau pasarnya yang jelek. Tapi karena ulah partner bisnis saya yang “ugal-ugalan”. Sama halnya dengan memilih bentuk perusahaan. Jika anda memilih struktur hukum yang salah, anda bisa digiring menuju jurang kegagalan. Penjelasannya seperti ini. Saat awal anda mulai, anda mungkin ingin memiliki sebanyak mungkin aset perusahaan dan perlindungan hukum.

Akan tetapi jika anda memilih kepemilikan tunggal atau kemitraan umum, anda beresiko kehilangan semua yang sudah anda bangun dalam bisnis, termasuk semua aset pribadi anda. Anda tahu kan apa yang dimaksud dengan aset pribadi anda? Yaitu semua kekayaan pribadi anda, termasuk sandal jepit anda, he..he..he.. Penjelasan lengkapnya bisa anda lihat pada artikel saya tentang kelebihan dan kelemahan firma. Dan perlu anda ketahui, penuntut umum dan pengacara “sangat hobi dan senang” melihat bisnis yang beroperasi dengan bentuk perusahaan kepemilikan tunggal atau kemitraan umum. Mengapa? Karena mereka bisa “mengkudeta” baik bisnis maupun aset pribadi saat mereka mengajukan tuntutan. Mereka memiliki kebebasan dalam menjangkau semua aset anda.

Maka dari itu, gunakanlah entitas yang bagus seperti perusahaan dengan liabilitas terbatas atau kemitraan terbatas. Entitas atau bentuk perusahaan ini bisa melindungi aset pribadi milik anda walaupun terjadi “serangan” atas bisnis anda. So, seperti halnya mitra yang tepat, bentuk perusahaan atau entitas yang tepat akan dapat membantu anda mengembangkan perlindungan dan prospek anda di masa depan. Dan saya sangat sarankan anda untuk berkonsultasi dengan pengacara bisnis agar anda benar-benar paham bentuk-bentuk perusahaan yang aman bagi bisnis anda. Ada tanggapan?