Doni Tirtana: Menggali Ceruk Pasar Kampanye K3

Kreatif, cekatan, cermat, dan pantang menyerah. Sifat itulah yang mengantarkan Doni Tirtana sehingga berhasil membesarkan perusahaan yang berkecimpung dalam bisnis kampanye keselamatan kerja.

JIKA SEKALI WAKTU Anda memasuki area industri atau pabrik sebuah perusahaan besar – misalnya di Pertamina atau Unilever dan menemukan poster-poster berisi pesan mengenai keselamatan dan kesehatan kerja (K3), ingatlah nama Doni Tirtana Saat ini, bisa dikatakan dialah satu-satunya pelaku bisnis di bidang kampanye keselamatan kerja (industrial safety campaign).

Melalui CV Lorco Menara Multimedia, Doni dan timnya merancang berbagai karya kreatif unuk menyampaikan pesan keselamatan yang ditujukan bagi karyawan perusahaan yang menjadi kliennya. Yang unik, pesan-pesan dalam poster itu disampaikan secara jenaka dalam bentuk animasi yang memikat.

Alhasil, awareness pesan pun bisa menempel kuat di benak khalayak sasarannya – yang pada umumnya bukan berpendidikan tinggi. Ketika melihat poster peringatan pemakaian helm di kawasan industri, misalnya, dijamin karyawan akan memeriksa helmnya dan segera memakainya sambil tersenyum kecil. Tidak merasa dipaksa. Poster bergambar pria yang sedang menunjuk helm berwarna merah sambil. berteriak “Pake Helm doong…” itu jauh dari kesan menggurui, bahkan terkesan lucu.