Doni Tirtana: Kreativitas dan Kejelian Membidik Pasar Jeruk

Sekilas, pesan-pesan yang dibuat Doni dan timnya terkesan sepele. Namun sesungguhnya untuk menyampaikan pesan secara pas dan mengena kepada khalayak sasarannya ini dibutuhkan kreativitas yang sungguh-sungguh. Pesan harus pendek, mencolok, menarik perhatian, dan membujuk orang yang membacanya untuk mengikuti pesan tersebut karena kesadaran, bukan karena pak­saan. Di situlah keunggulan poster-poster Doni yang membuatnya berjaya di ceruk pasar (niche market) ini.

Pesan harus pendek, mencolok, menarik perhatian, dan membujuk orang yang membacanya untuk mengikuti pesan tersebut karena kesadaran, bukan karena paksaan

“Di Indonesia pelaku bisnis semacam ini be­lum ada, sementara kebutuhan terhadap kampa­nye keselamatan kerja telah menjadi kebutuhan utama. Jadi menurut saya bisnis ini memiliki pe­luang yang besar,” jelas sarjana Teknik Fisika dari Institut Teknologi Bandung tersebut.

Tak heran jika jasa CV Lorco dimanfaatkan puluhan perusahaan – termasuk belasan perusahaan berskala besar, bahkan multinasional.

Sejak awal Doni memang berbeda dari kebanyakan rekan-­rekannya. Selulus dari jurusan Teknik Fisika, justru memilih merin­tis bisnis sendiri dengan membuka usaha di bidang yang praktis tidak dilirik orang lain.

Namun keputusan Doni untuk terjun ke bisnis kampanye kesela­matan kerja bukannya tanpa perhitungan atau sekadar ingin berbeda. Ia tahu peraturan ketenagakerjaan mewajibkan seluruh industri men­erapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) atau OHS (Occupa­tional Health and Safety) pada seluruh rangkaian kerja dan seluruh sistem yang terlibat. Namun anehnya, industri penunjang khususnya untuk kampanye keselamatan kerja di Indonesia terbilang masih sangat minim. Kenyataan inilah yang membuat Doni yakin terjun ke bisnis tersebut pada awal tahun 2006.

BIODATA

DONI TIRTANA

Malang, 29 Juni 1980

Email: doni.tirtana@Iorco.co.id

PENDIDIKAN:

1998 -2003 S1 Teknik Fisika, Institut Teknologi Bandung

PERUSAHAAN:

CV. Lorco Menara Multimedia

(Penyedia jasa materi kampanye peningkatan mutu SDM dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja)

Website: www.lorco.co.id, www.safetysign.co.id, www.safetyequipment.co.id

Alamat: A Gunung Batu 245, Pasteur –Bandung, Jawa Barat

Telp: 022 2015151

PENGHARGAAN:

2008 Finalis Wirausaha Muda Mandiri

LAIN – LAIN:

2004 – 2006 Mendirikan Lorco Interactive sebagai salah satu Tenant Pusat Inkubator Bisnis – ITB

2003 -2004 Freelance di Laboratorium Instrumentasi dan Kontrol TF- Fisika

Maret – Mel 2003 lugas Akhir di PT ConocoPhilips, Jakarta

Juni – Agustus 2001 Kerja Praktek di PT. Chevron Pacific Indonesia – Minas Plant, Riau