Cara Untuk Mengembangkan Sebuah Bisnis


Saya pernah berdiskusi dengan seorang pengusaha bisnis pulsa dan (kalau tidak salah) bisnis handphone, namanya Pak Wildan. Diskusi itu makin lama makin mengasyikan sampai beliau menanyakan kepada saya tentang usaha counter hp beliau yang omsetnya sedikit sekali. Kemudian beliau mengatakan seperti ini, “Kayaknya saya harus buka cabang deh mas. Omsetnya sudah mentok nih.”

Dengan hati-hati dan tanpa bermaksud menggurui, saya katakan seperti ini. “Pak, kalau bapak mau buka cabang, apakah bapak sudah memastikan apakah hal itu solusi buat masalah usaha counter pulsa yang bapak hadapi sekarang? Jangan-jangan bukan itu solusi dari masalah bapak?”, kata saya.

Sepengetahuan saya, ada 4 cara untuk mengembangkan sebuah bisnis, yaitu :

1. Menyalin keseluruhan mekanisme bisnis, yaitu menyalin mekanisme keuangan, pemasaran, sistem, hukum dan produk dari bisnis kita yang lama ke bisnis kita yang baru. Bahasa gampangnya adalah kita buka cabang baru. Cara ini banyak digunakan oleh pedagang eceran atau restoran.
2. Membuat waralaba, yaitu anda mem-franchise-kan usaha anda. Contohnya seperti : McDonald, KFC, Kebab Turki BabaRafi, Tela-Tela, dan sebagainya.
3. Membuat perusahaan go pubilc lewat IPO, dengan kata lain, menawarkan saham perusahaan kepada publik / umum. Prosesnya rumit sekali dan biasanya tidak cocok untuk perusahaan skala kecil dan menengah.
4. Licensing dan joint ventures. Maksudnya, memungkinkan bisnis lain memproduksi produk kita untuk dijual.

Tapi ingat, semua cara pengembangan bisnis di atas hanya bisa dilakukan jika dan apabila sebuah bisnis sudah berjalan dengan baik! Jika tidak, bukannya omset besar yang anda dapatkan, tetapi masalah-masalah yang baru yang akan anda peroleh. Untuk kasus diatas, pak Wildan berniat untuk menaikan omset dengan cara yang pertama, yaitu menyalin keseluruhan mekanisme bisnis usaha counter pulsanya.

Dan omset yang sedikit itulah yang menjadi indikasi kalau sistem bisnis pada bagian pemasaran usaha counter pulsa tersebut belum berjalan dengan baik. Perlu anda ketahui, pemasaran TIDAK SAMA dengan penjualan. Pemasaran itu kompleks. Tapi intinya adalah anda harus bisa menjawab tiga pertanyaan berikut ini jika memang masalah pemasaran yang menjadi penyebab utama tidak berjalannya sistem bisnis anda.

1. Apa yang diinginkan oleh konsumen saya dari produk atau jasa saya?
Apakah pelayanan yang cepat, pulsa yang murah, pulsa operator seluler yang komplit, atau pelayanan yang ramah? Tanyakan pada konsumen anda. Lakukan riset pasar!
2. Apakah saya sudah menargetkan konsumen dengan tepat?
Pikirkan apakah anda ingin menargetkan mahasiswa, pegawai, atau pembeli yang memperhatikan harga.
3. Apa manfaat unik dari produk atau jasa yang tidak dapat diperoleh konsumen saya dari tempat lain?
Lihat dengan cermat dan putuskan dengan segera, apakah counter pulsa anda terkenal karena harganya yang lebih murah, atau pelayanannya yang lebih cepat, atau tempatnya yang lebih strategis atau lebih pagi jam bukanya.

Tiga pertanyaan diatas tidak hanya bisa anda praktekkan untuk memulai usaha counter hp. Anda bisa terapkan di usaha apa saja. Camkan baik-baik, karena apabila anda tidak bisa menjawab ketiga pertanyaan diatas, bisa dipastikan berpengaruh buruk terhadap bisnis anda. Karena dengan anda bisa menjawab 3 pertanyaan di atas, kemungkinan besar usaha anda punya nilai lebih dibandingkan dengan kompetitor anda.


BACA JUGA TIPS WIRAUSAHA BERIKUT INI:

Peluang Mendapatkan Uang Secara Online

TIPSWIRAUSAHA.COM – Seiring dengan berkembangnya teknologi, mencari uang tidak selamanya harus dilakukan dengan cara bekerja di kantor. Dengan hanya bermodalkan koneksi internet dan sedikit kemampuan dalam hal lain, Anda bisa meraup banyak keuntungan secara online. Ya, secara online! Mencari uang secara online ini ternyata tidak sepenuhnya mudah. Anda harus mengorbankan banyak waktu dan tenaga untuk […]

Tips Sukses Budidaya Jeruk

TIPSWIRAUSAHA.COM – Dewasa ini permintaan terhadap buah jeruk setiap hari semakin meningkat. Tapi sayang sekali, di Indonesia produksi buah jeruk masih rendah. Sementara ini budidaya jeruk di Indonesia hanya mampu memproduksi sekitar 16 ton/Ha saja. Ada beberapa hal yang sering menjadi kendala dalam budidaya jeruk, yaitu ketika tanaman jeruk berumur 8 tahun produksinya akan menurun. […]

4 Strategi Meningkatkan Penjualan

TIPSWIRAUSAHA.COM – Sudah saatnya Anda merubah strategi penjualan Anda untuk meningkatkan penjualan yang sudah Anda lakukan. Anda bisa meningkatkan penjualan Anda secara dramatis. Dari strategi penjualan yang hanya menarik konsumen baru, hingga menggoda konsumen agar kembali datang untuk membelinya lagi. Prospek penjualan yang terbaik adalah prospek yang sudah Anda ubah, dengan kata lain yaitu salah […]

  • Muhammad Alwi

    Artikel ini benar-benar membuka pikiran dan wawasan saya untuk mengembangkan bisnis yang saat ini sementara terpuruk. Terima kasih InvestasiOnline.net!
    Sukses terus untuk Anda..

  • rizal

    bener-bener singkat, lugas dan mengena trima kasih InvestasiOnline.net

  • http://aqiqah-anakjepara.com aqiqah

    wah menambah wawasan bagi kiita yang sedang belajar bisnis..terima kasih tips nya..

  • abdul

    Menurut saya, tips untuk mengembangkan usahanya sudah betul tapi belum pas dengan persoalan omet usaha Pak Wildan yang sedang mentok. Berdasarkan pengalaman bisnis saya, langkah yang harus dilakukan Pak Wildan ada 2, yang pertama adalah INOVASI, baik inovasi produk, inovasi pelayanan atau yang lainnya. lalu yang kedua adalah COST CONTROL, cari tahu biaya apa saja yang dapat diperkecil atau mungkin dihilangkan sepanjang tidak mempengaruhi omset penjualan. Mudah-mudahan ini bisa membantu.

    • arham

      Kalo bleh tau inovasi sprti apa ya yg dmksd bs boleh contohkn sprti apa !! Tolong pnjelsn.a ya trima ksih

Kategori Bedah Bisnis :: Kata Kunci: , , , , , , pertanyaan seputar studi kelayakan bisnis, wawancarapengusaha handphone5 Komentar

Artikel Populer Bulan Ini

Baca Artikel Kami via Email

Daftarkan email Anda dan dapatkan kiriman artikel dan info bisnis terbaru dari kami. GRATIS!
** Cek email Anda untuk konfirmasi layanan ini.

Minyak Tawon Asli Makassar

Anda butuh minyak tawon asli Makassar? Kami adalah agen resmi minyak tawon PT Tawon Jaya Makassar. Tersedia minyak tawon tutup putih dan minyak tawon tutup merah asli dengan harga terjangkau!