Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias

Tips Untuk Memulai Bisnis Tanaman HiasMelakukan sesuatu yang berkaitan dengan hobi memang sangat menyenangkan, terlebih jika hobi itu dapat dikembangkan menjadi peluang bisnis.

Selain dapat menyenangkan hati, kita juga dapat memperoleh penghasilan melalui kegiatan yang kita sukai.

Dalam hal ini, kami mengambil tanaman hias sebagai contohnya. Bisnis tanaman hias tidak membutuhkan modal yang besar, namun bila menekuninya dengan serius, bisnis ini sangatlah menjanjikan.

Di berbagai pemberitaan kita dapat melihat bahwa jumlah pebisnis tanaman hias semakin banyak dan itu semua berawal dari hobi dan kecintaan terhadap aneka tanaman hias. Namun sangat disayangkan, banyak penggiat tanaman hias yang tidak berani untuk memulai bisnis ini, terlebih jika jumlah pembeli tengah menurun.

Memang bisnis tanaman hias ini hanya membutuhkan modal yang kecil, akan tetapi untuk membangunnya, anda harus memiliki ketelatenan dan kesabaran. Untuk menerima hasilnya, anda harus menunggu paling tidak 6 bulan sejak memulai bisnis tersebut.

Karena itulah, yang lebih diutamakan dalam bisnis ini ialah hobi dan kecintaan, bukan sekedar meraih keuntungan dalam waktu cepat. Jika anda termasuk orang bertangan dingin dan gemar mencari tahu tentang tanaman, anda harus mencoba bisnis ini, karena apapun yang ditanam oleh tangan anda, pasti akan tumbuh subur.

TIPS UNTUK MEMULAI BISNIS TANAMAN HIAS

Untuk membangun bisnis tanaman hias, anda membutuhkan beberapa modal seperti lahan, pot atau polibeg, aneka jenis tanaman hias, pupuk, obat-obatan, dan air. Mungkin melihat kata “lahan”, anda mulai berpikir untuk melanjutkannya atau tidak karena harga lahan cukup mahal.

Jangan terburu-buru untuk mengurungkan niat karena untuk memiliki lahan, anda tidak harus membelinya. Manfaatkan saja lahan di sekitar rumah dengan semaksimal mungkin, sehingga anda tidak harus membeli lahan baru untuk bisnis ini.

Berikut hal-hal penting yang harus anda perhatikan sebelum memulai bisnis tanaman hias :

Pilih Lokasi Strategis

Anda harus memilih lokasi usaha yang cukup luas dan strategis sehingga dapat dilihat oleh orang-orang yang berlalu lalang. Jika anda memiliki modal yang minim, anda bisa memanfaatkan lahan disekitar rumah atau menyewa lahan di pinggir jalan besar yang ramai dilalui orang.

Pilih Tanaman Hias yang Anda Pahami

Pilihlah jenis tanaman hias yang benar-benar anda pahami. Perhitungkan biaya operasional yang akan digunakan untuk merawatnya, mulai dari pupuk, obat, air, tanah, sekam, dan kebutuhan lainnya.

Pahami Budidaya Tanaman Hias

Anda harus memiliki pemahaman mengenai budidaya tanaman hias, baik itu pembibitan maupun perawatan. Selain itu, pengetahuan mengenai cara memasarkan juga harus anda ketahui secara dalam, mulai dari menawarkan, packaging, dan pendistribusian.

Perbaiki Konsep Promosi

Anda harus mematangkan konsep promosi yang akan anda lakukan, baik itu melalui media sosial seperti blog, facebook, dan twitter, ataupun melalui media cetak seperti pamflet, banner dan sebagainya. Anda juga dapat ikut berpromosi dalam acara pameran yang sering diadakan oleh para penggiat tanaman hias.

HAMBATAN DAN KENDALA BISNIS TANAMAN HIAS

Sama halnya dengan bisnis-bisnis lain pada umumnya, bisnis tanaman hias juga memiliki hambatan dan kendala dalam pelaksanaannya. Berikut beberapa hambatan yang sering ditemui oleh para pebisnis tanaman hias :

  1. Tanaman hias yang mati akibat kesalahan perawatan. Hal ini biasa terjadi karena kelalaian pelaku usaha dan kurangnya pengetahuan mengenai pembudidayaan tanaman hias.
  2. Perkembangan tren tanaman hias yang berbeda-beda. Misalnya, sebuah tanaman hias X di wilayah Jawa tengah naik daun, sementara di wilayah Sumatera tanaman hias X tersebut sudah lumpuh atau jatuh di titik jenuh.
  3. Pembeli yang sepi sehingga volume penjualan menurun.
  4. Ketatnya persaingan antar sesama pebisnis tanaman hias.
  5. Cuaca yang sering tidak bersahabat, musim kemarau maupun musim hujan yang berkepanjangan.

Tidak ada satu pun bisnis yang tidak memiliki hambatan, karena itu lakukanlah perencanaan yang matang sebelum memulai bisnis dan hadapi ketika hambatan itu datang.

Sekali lagi, ingatlah bahwa yang benar-benar dibutuhkan dalam bisnis ini adalah kecintaan anda pada tanaman hias. Dengan begitu, apapun yang anda tanam pasti akan tumbuh dengan subur dan niscaya menghasilkan profit.