Bisnis Laundry – Peluang Usaha Dengan Modal 10 Juta

INVESTASIONLINE.NET – Kesibukan memang sering menuntut kita untuk mencari solusi dalam menyelesaikan permasalahan rumah tangga. Salah satunya adalah dalam mencuci pakaian.

Kadang, kita tidak memiliki banyak waktu untuk bisa mencuci pakaian sendiri karena kesibukan. Sehingga menggunakan jasa laundry merupakan pilihan yang tepat dalam menyelesaikan masalah ini.

Bisnis Laundry - Peluang Usaha Dengan Modal 10 Juta

TrullyJogja.com melaporkan bahwa menurut hasil survey di sebuah koran harian, pangsa pasar terbesar laundry kiloan adalah Mahasiswa dengan presentase sekitar 48 %, pekerja 32 %, rumah tangga 16 %, dan lain – lain sebanyak 4 %.

Pada umumnya, para mahasiswa memilih jasa laundry dengan alasan “tidak memiliki waktu” untuk sekedar mencuci pakaian. Alsan inilah yang menjadikan bisnis laundry kiloan memiliki prospek yang cerah.

Ditambah lagi, berdasarkan pengalam pribadi, membuka bisnis laundry kiloan ini sangat menguntungkan apabila dilakukan di tempat yang tepat. Sebagai contoh, saya kuliah di salah satu Universitas di Semarang.

Saya selalu menggunakan jasa laundry dengan rentang harga sekitar Rp.2000 – Rp.4000 per-kg. Sedangkan di Makassar, mematok harga sekitar Rp. 5000 – Rp.7000 per-kg. Padahal lokasi sama – sama di dekat kampus. Apa yang menjadi perbedaan?

Perbedaan ini terjadi karena tingkat persaingannya berbeda. Di Semarang, jasa laundry sudah menjamur dan hampir di setiap gang pasti ada. Terlebih lagi pelanggan utamanya adalah mahasiswa yang sangat dipengaruhi oleh harga. Persaingan hargapun terjadi hingga sampai ke tingkat itu.

Sedangkan di Makassar, bisnis kiloan belum terlalu banyak, buktinya dengan harga tinggi seperti itupun ternyata cukup banyak peminatnya. Bukankah ini merupakan suatu kesempatan?

Masbhukin Pradhana (2006), salah seorang owner laundry kiloan Jakarta, menyatakan bahwa dirinya pernah membaca di Majalah SWA 2005 tentang seorang karyawan yang rela berhenti dari pekerjaannya hanya untuk menekuni bisnis laundry. Karyawan tersebut nekat keluar demi menggeluti bisnis laundry kiloan di Jakarta Selatan.

Hal tersebut menunjukan sebagai bisnis rumahan lantaran prospeknya yang semakin hari semakin cerah. Dengan modal sebesar 10 juta rupiah, maka bisnis ini sudah pasti bisa dijalankan dan tentunya akan bisa terus berkembang jika dapat dijalankan dengan baik.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Alat dan bahan yang diperlukan untuk memulai bisnis ini adalah:

  • Mesin cuci. Modal awal yang paling besar berinvestasi di dalam mesin cuci ini. Agar mesin cuci ini bisa tahan lama, belilah mesin cuci yang berkualitas bagus dengan pengoperasian yang tidak terlalu rumit.
  • Setrika uap atau setrika biasa. Setelah pakaian konsumen dicuci dan dikeringkan, Anda akan membutuhkan setrika. Ya, di sini, setrika juga menjadi modal awal dalam usaha laundry kiloan. Hal ini karena barang-barang yang sudah dicuci dan dikeringkan akan kusut dan harus disetrika agar rapi. Untuk itu, belilah setrika uap untuk skala industri rumahan.
  • Karena bisnis ini dihitung per kilo maka Anda harus menyediakan timbangan. Fungsinya tentu saja adalah untuk menimbang berat kering barang yang akan dicuci atau dilaundry.
  • Agar lebih hemat, belilah deterjen kemasan kiloan khusus laundry. Biasanya ada toko yang menjual perlengkapan khusus laundry seperti sabun, pengharum, pelembut, pembungkus hingga gantungan. Beli dalam jumlah banyak akan lebih murah, hal ini tentu saja karena barang yang akan dicuci akan sangat banyak.
  • Pelembut dan pengharum kain. Supaya konsumen puas dengan pelayanan laundry kiloan Anda, gunakan juga pelembut dan pengharum kain selain deterjen dalam mencuci.
  • Plastik pembungkus barang-barang yang sudah dilaundry. Supaya konsumen Anda selalu ingat dengan tempat Anda dan juga sebagai metode berpromosi, buatlah secara khusus plastik pengemas barang yang sudah dilaundry. Pada plastik ini tentu saja dibubuhi nama tempat laundry Anda beserta alamat lengkap dengan nomor kontak yang bisa dihubungi.
  • Rak penyimpan barang-barang hasil laundry. Hal ini dimaksudkan agar barang-barang mudah dicari saat hendak diambil konsumen.
  • Gantungan pakaian dan gantungan jemuran. Kedua hal ini sangat diperlukan adalam operasional bisnis laundry Anda.
  • Tak kalah penting adalah tempat usaha yang dapat disewa atau milik sendiri.
  • Mesin pengering. Sama seperti mesin cuci, belilah mesin pengering berkualitas bagus. Tentu saja semua agar mesin tahan lama dan tidak cepat rusak. Ini adalah salah satu alat wajib yang dimiliki tapi sifatnya opsional dan tidak perlu terburu – buru. Tetapi ketika bisnis mulai berkembang, belilah alat ini sebagai investasi.

Nah, inilah salah satu jenis bisnis yang bisa dijalankan dengan modal 10 juta rupiah. Meskipun Anda akan memperoleh banyak pesaing di bisnis ini, tetapi itu tidak akan menjadi suatu masalah.

Bisnis laundry sangat menjanjikan di masa depan. Sebanyak apapun usaha itu bermunculan, hal tersebut belum sebanding dengan jumlah penduduk yang akan menjadi konsumen Anda.