Bayu Reksa Nugraha: Banana Crispy

Bayu Reksa NugrahaSetelah berbenti bekerja untuk menghadapi ujian nasional, Bayu bergabung lagi di Ganesha Group.

Perusahaan warisan orang tua­ saat itu sudah bergerak di bidang jasa pendidikan seperti kursus mengemudi mobil, komputer, bahasa Inggria, serta Ganesha College yang menjalankan program setara diploma. Kali ini Bayu ditempat­kan sebagai customer service merangkap bagian marketing.

Saat itu jiwa usaha Bayu mulai tumbuh. Kebetulan di kantornya ada sebuah ruang kantin untuk karyawan dan siawa-siawa yang sudah lama tidak digunakan.

“Naluri bisnis saya kembali muncul. Lima puluhan karyawan ditambah lima ratusan siawa kursus setiap hari beraktivitas di tempat ini. Inilah peluang bisnis yang sangat bagus, pikir saya waktu itu,” kisah Bayu. Bermodal kompor bekas dan uang 81.000, ia memulai bisnisnya.

Pertama-tama ia berjualan es teh manis, kopi, dan pisang goreng. Dalam sebulan, modal Rp 81.000 berkembang menjadi ratusan ribu. keuntungan itu ia gunakan untuk membeli kompor gas.

Seorang karyawan membisikkan kepadanya bahwa pisang goreng buatannya enak. “Saga pun berinovasi. Melalui beberapa eksperimen, Akhirnya terciptalah banana crispy,” ungkap Bayu.

Dagangannya laris manis terjual di kantin kantor itu. Untuk memperluas segmen pasar, Bayu membuat gerobak kayu sederhana digunakan untuk berjualan Banana Crispy di halaman parkir kantor. Hasilnya sungguh luar biasa, pisang goreng bikinannya itu laris manis. Tanpa mengganggu jadwal kerjanya di kantor, ia terus mengembangkan. usaha pribadinya ini agar lebih besar.

Salah satu strateginya, membuka stan di pameran-pameran. Setiap ikut pameran, dagangannya selalu ludes terjual. Keuntungan dari setiap jualan disisihkan untuk membuat outlet baru. “Masalah baru tersolusikan, ‘BERBISNIS TIDAK  HARUS MODAL BESAR,” tandasnya.

Selain membuka outlet sendiri, Bayu juga menerapkan ppola kemitraan dengan cara bagi hasil. Dalam waktu sekitar empat bulan, Bababa Crispy sudah memiliki 9 outlet ditambah beberapa diversifikasi lainnya seperti sebuah outlet batagor bandung, sebuah outlet bubur ayam bandung, dan sebuah kantin di kampus Ganesha College.

BIODATA BAYU REKSA NUGRAHA

Tasikmalaya, 23 Mei 1987

Email: bayureksanugraha@yahoo.com

PENDIDIKAN:

2005 -2006 D1 Programer & Tekniai Komputer, Ghanesa Col­lege Samarinda

NAMA USAHA:

Banana Criapy (Kuliner)

Alamat: A Awang Long No. 24, Samarinda, Kalimantan Timur

HP: 081347191169

PENGHARGAAN:

2008 Finalia Wirausaha Muda Mandiri