Bagaimana Memulai Usaha Jajanan Gerobak?


Bagaimana Memulai Usaha Jajanan Gerobak?Bila Anda sudah memutuskan untuk buka usaha di bidang jajanan gerobak tapi masih bingung harus mulai dari mana Anda dapat mengikuti langkah-langkah awal buka usaha berikut ini:

1. Tentukan Ide/Konsep Usaha

Pikirkan dan tentukan ide usaha jajanan yang menarik, inovatif, dan bila perlu yang belum pernah ada. Sebaiknya menentukan ide usaha atau konsep yang luar biasa Karena pembeli sekarang amat selektif dan pintar bila usaha Anda biasa-biasa saja akan kurang menarik perhatian pembeli.

Contoh : Anda ingin buka usaha bakso, walaupun Anda menjual jenis bakso yang umum tapi ada satu jenis menu bakso yang inovatif dan berbeda misalnya bakso kotak. Tujuannya agar usaha Anda mengundang perhatian pembeli dengan produk yang tidak biasa. Walaupun pada akhirnya bakso standar Yang lebih laris tetapi bakso kotak dapat mengundang orang untuk datang karena penasaran. Ada hal penting yang perlu diingat, bahwa Anda harus menyiapkan bakso yang enak dan disukai selera pasar, karena walaupun Anda dapat menarik pembeli dengan produk yang tidak biasa bila baksonya kurang enak maka pembeli tidak akan datang kembali. Dan parahnya pembeli yang pernah datang akan menceritakan kepada kenalannya bahwa bakso Anda tidak enak! Jangan sampai hal seperti ini terjadi pada usaha Anda.

2. Buat Perencanaan Usaha

Perencanaan usaha adalah merencanakan dan mencatat hal-hal yang diperlukan usaha sesuai dengan konsep. Hal-hal penting yang sebaiknya direncanakan adalah lokasi, segmen yang dituju, menu makanan, kebutuhan bahan baku, kebutuhan peralatan & perlengkapan, kebutuhan fasilitas, tenaga kerja, strategi pemasaran, perkiraan harga jual, target pendapatan usaha, dan hal lainnya sesuai dengan kebutuhan usaha. Tuiuannya agar usaha lebih focus dan kehutuhan usaha benar-benar direncanakan sesuai dengan jenis usaha yang dipilih.

3. Lakukan Survei Hasil Perencanaan Usaha

Setelah melakukan perencanaan usaha, survei berbagai hal penting sebelum membuat keputusan. Tujuannya ádalah agar pemilik usaha dapat membandingkan perlengkapan dan kebutuhan usaha sebelum memutuskan sehingga mendapatkan sesuai dengan yang diinginkan. Anda dapat melakukan survei dengan datang langsung, mengamati keadaan dan mencatat hasil survei terutama mengenai kelebihan dan juga kekurangan objek survei.

Contoh: Survei-survei yang penting dilakukan:

• Survei lokasi

• Survei keramaian

• Alur operasional usaha

• Survei prasarana & fasilitas

• Survei keamanan dan banjir

• Survei harga pasaran peralatan usaha

• Survei harga pasaran tenaga kerja

• Survei pesaing

• Survei usaha terlaris

• Survei segmentasi pembeli

• Survei harga jual pasaran

• Survei alat promosi & harganya

4. Melakukan Persiapan Usaha

Setelah survei dilakukan dan Anda sudah dapat mempertimbangkan keputusan memilih jenis kebutuhan usaha maka segera lakukan persiapan untuk membuka usaha.

Langkah-langkah persiapan usaha:

  1. 1.         Perhitungan kebuthan modal dengan hasil perencanaan usaha.

Dengan membuat perencanaan usaha Anda akan  dapat menghitung  perkiraan jumlah modal usaha yang dibutuhkan sesuai  dengan jenis usaha masing-masing. Anda dapat membuat perkiraan Perhitungan dengan menggunakan panduan tabel harga pasaran.

  1. 2.        Menentukan nama dan merek usaha

Tentukan nama usaha jajanan geroba Anda seperti Mi Ayam  DOYAN atau Bakso Sapi BOMBAY atau nama lainnya yang mudah diingat dan menarik. Bukan tak mungkin karena nama Yang menarik akan membuat orang ingin mencoba jajanan Anda.

  1. 3.        Uji coba produk

Ini penting saat Persiapan menjelang buka usaha. Ada baiknya Anda menguji coba produk jajanan sebelum menjualnya. Anda coba untuk memasak jajanan kemudian ajak beberapa teman yang kritis untuk icip-icip.  Setelah melakukan test food minta pendapat mereka Yang jujur. Setelah itu coba produk Anda pada segmen di mana Anda hendak berjualan kemudian minta pendapat mereka. Kumpulkan pendapat mereka dan ambil suara terbanyak tentang kekurangan jajanan Anda kemudian perbaiki sesuai selera pasar.

  1. 4.        Mendapatkan resep paten

Setelah  Anda melakukan perbaikan pada produk jajanan Anda akan lebih baik bila Anda mencoba kembali pada segmen Yang dituju bila sudah sesuai. Catat  resep tersebut secara rinci Anda akan terus konsisten dalam rasa.

  1. 5.         Menentukan lokasi

Hasil survei lokasi menunjukkan kelebihan dan kekurangan pada lokasi yang Anda tuju bila usaha jajanan Anda memilih penjualan mangkal. Piih lokasi yang paling banyak memiliki unggulan seperti strategis, biaya sewa murah, lokasi parkir besar, dekat dengan keramaian, dan sebagainya.

  1. 6.        Persiapkan izin usaha

Anda mesti menggali usaha tentang izin usaha, bila  usaha  jajanan gerobak memilih berkeliling dan memasaknya di rumah tinggal Anda perlu untuk meminta izin pada RT/RW dan kelurahan setempat. Tujuannya agar Anda  lebih tenang dalam menjalankan usaha jajanan dilingkungan Anda.

  1. 7.        Membeli peralatan & perlengkapan

Setelah  melakukan survei Anda akan mengetahui apa saja kebutuhan peralatan usaha berikut merek dan harganya. Pilih yang paling cocok untuk usaha Anda dan pakailah peralatan yang sering dipakai oleh usaha yang sudah berjalan (karena mereka tentunya lebih berpengalaman) akan tetapi pilihan Anda juga harus disesuaikan dengan kemampuan modal Anda.

  1. 8.         Mengatur penempatan alat

Bila semua sudah dipersiapkan Anda tinggal mengatur pemempatan peralatan kebutuhan usaha di gerobak. Misalnya, mangkok di atas, sendok di laci, dan sebagainya disesuaikan dengan jenis usaha masing-masing. Perhatikan juga jumlah peralatan yang akan dibawa, karena persiapan alat jangan sampai kekurangan dan jangan sampai kelebihan.


BACA JUGA TIPS WIRAUSAHA BERIKUT INI:

Peluang Mendapatkan Uang Secara Online

TIPSWIRAUSAHA.COM – Seiring dengan berkembangnya teknologi, mencari uang tidak selamanya harus dilakukan dengan cara bekerja di kantor. Dengan hanya bermodalkan koneksi internet dan sedikit kemampuan dalam hal lain, Anda bisa meraup banyak keuntungan secara online. Ya, secara online! Mencari uang secara online ini ternyata tidak sepenuhnya mudah. Anda harus mengorbankan banyak waktu dan tenaga untuk […]

Tips Sukses Budidaya Jeruk

TIPSWIRAUSAHA.COM – Dewasa ini permintaan terhadap buah jeruk setiap hari semakin meningkat. Tapi sayang sekali, di Indonesia produksi buah jeruk masih rendah. Sementara ini budidaya jeruk di Indonesia hanya mampu memproduksi sekitar 16 ton/Ha saja. Ada beberapa hal yang sering menjadi kendala dalam budidaya jeruk, yaitu ketika tanaman jeruk berumur 8 tahun produksinya akan menurun. […]

4 Strategi Meningkatkan Penjualan

TIPSWIRAUSAHA.COM – Sudah saatnya Anda merubah strategi penjualan Anda untuk meningkatkan penjualan yang sudah Anda lakukan. Anda bisa meningkatkan penjualan Anda secara dramatis. Dari strategi penjualan yang hanya menarik konsumen baru, hingga menggoda konsumen agar kembali datang untuk membelinya lagi. Prospek penjualan yang terbaik adalah prospek yang sudah Anda ubah, dengan kata lain yaitu salah […]

Kategori Usaha Jajanan Gerobak :: Kata Kunci: , , , , , contoh wawancara bahasa jawa tentang pertanian, contoh teks observasi tentang biota laut0 Komentar

Artikel Populer Bulan Ini

Baca Artikel Kami via Email

Daftarkan email Anda dan dapatkan kiriman artikel dan info bisnis terbaru dari kami. GRATIS!
** Cek email Anda untuk konfirmasi layanan ini.

Minyak Tawon Asli Makassar

Anda butuh minyak tawon asli Makassar? Kami adalah agen resmi minyak tawon PT Tawon Jaya Makassar. Tersedia minyak tawon tutup putih dan minyak tawon tutup merah asli dengan harga terjangkau!