Asri Tadda: “Kuncinya Passion”

Asri TaddaSekilas tidak ada yang istimewa dari sosok Asri Tadda. Dia seperti anak muda kebanyakan yang senang bergaul, berselancar dunia maya, dan aktif di berbagai kegiatan dan organisasi. Asri tercatat sebagai Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin periode 2001-2002, Ketua ­Umum Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (LKMI) HMI Cabang Makassar Timur, Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Kedokteran Unhas, Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar Timur, Pengurus Besar Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia Luwu Raya (PB IPMIL Raya), pengurus Pusat Ikatan Pelajar Mahasiswa Luwu Timur (PP IPMA-LUTIM), dan Direktur Program Sawerigading Institute.

Yang membedakan Asri dari kebanyakan mahasiswa lainnya atau bahkan dari para aktivis mahasiswa sekalipun – adalah kesadarannya akan potensi bisnis yang terbentang luas, dan visinya untuk menciptakan lapangan kerja – setidaknya untuk dirinya sendiri telah menjadikan penggiat portal opini Penakita ini sebagai seorang wirausaha.

Kecintaannya pada aktivitas blogging dimulai sejak pertama kali dia mengenalnya. Kecintaan kepada blog inilah yang kemudian mengiring Asri menemukan peluang bisnis di bidang ini. Berawal dari kegiatannya menulis jurnal online pada personal blog-nya itu, ia menyadari dari hobi bldg ini ternyata bisa menghasilkan keuntung. Maka beberapa bulan kemudian Asri mulai bergabung dengan teman-teman blogger-nya dalam forum Paid Review. Pekerjaannya adalah mengulas situs orang lain yang telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Atas pekerjaannya ini, ia dibayar oleh pemilik situs yang diulasnya. Hasilnya lumanyan, bisa mencapai US$ 10-15 per bulan.

Melihat peluang itu, Asri pun melanjutkan ke Paid Links. Dari sini ia bisa menangguk antara US $50-100 per link yang dijualnya untuk periode 1 tahun. Dengan banyaknya jaringan blog yang dimiliki oleh Asri, maka dapat dibayangkan betapa besarnya peluang penghasilan dari membuat review dan memasang link di blog-blog tersebut setiap tahunnya.

Besar kecilnya pendapatan ini didasarkan kepada jumlah peluang (visitor) yang singgah ke situsnya, peringkat situsnya di Google (google page rank), dan kualitas konten situs yang dikelolanya. Dari hanya menjadi seorang blogger biasa, kini Asri Tadda mengelola beragam bisnis online dengan cakupan layanan dan omzet yang jauh Ali besar. Beberapa bisnis tersebut yang cukup dikenal luas di du­nia internet adalah Articles Trade Inc (www.articlestrade.com), SEO‑SEMID Inc. (www.seosemid.com), BuyLinkPost (ww.buylinkpost.com) dan PublishMyArticles (www.publishmyarticles.com). Selain itu, kini Asri juga tengah mengembangkan layanan periklanan lokal melalui puluhan jaringan situs iklan baris dan meluncurkan free blog services dengan nama AstaLog.com (www.astalog.com).