Annisa: Perempuan Bisa Berdaya, Juga Suka Bergaya

Annisa: Perempuan Bisa Berdaya, Juga Suka BergayaSebenarnya Indonesia tak pernah kekurangan sosok-sosok perempuan yang mewwarisi perpaduan keperkasaan dan kelembutan para srikandi terdahulu – dari HR Rasuna Said sampai Tjut Nyak Din, dari Dewi Sartika sampai Kartini. Banyak dari mereka yang namanya tak pernah tergores lewat tinta emas di kertas putih media nasional. Beruntung, Annisa – bermakna ‘perempuan’ dari bahaa Arab – mengenal online pada zamannya. Lewat www.butikannisa.com, ia berhasil memberdayakan kaum perempuan dan membat mereka juga bergaya.

GEMPA TAHUN 2006 yang menghancurkan perekonomian banyak keluarga di Yogyakarta memang berakibat banyak. Ada orang yang hilang rumah, hilang kepercayaan hilang diri, bahkan hilang juga akal sehat. Namun ada orang yang terbangkit bangkit asanya dan tergali semangatnya akibat bencana alam yang tak dapat diprediksi itu. Nur Annisa Rahmawati ST., MM, beruntung termasuk golongan orang yang terakhir itu. Tersentuh akan penderitaan orang di sekitarnya – kaum ibu yang sepanjang hidupnya tak pernah memiliki kepercayaan diri karena hanya mengasuh anak atau memasak di dapur, tak memiliki keberanian untuk mengatakan ‘tidak’ pada apa pun yang mungkin tak seharusnya mereka alami karena tak dapat menunjang ekonomi keluarga – Annisa merasa ingin memberdayakan kaum perempuan. Kalau saja diberdayakan kaum ibu bisa menjadi insan yang berjiwa pengusaha, pikir Annisa.

Terdorong oleh keinginannya untuk membantu kaum ibu di lingkungannya, puteri bungsu dari tiga bersaudara ini lantas memutar otak untuk menciptakan lapangan kerja bagi mereka. Berbekal hobi merancang busana muslimah yang ditekuninya sejak kuliah, Annisa memutuskan untuk berbisnis busana muslimah. Ketertarikan Annisa pada dunia wirausaha ini sudah dimulai sejak masa awal kuliah  di Fakultas Teknik Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Cita-citanya mungkin diwarisinya dari orangtua yang pengusaha alumunium Namun keinginan untuk hidup mandiri dan memiliki kebebasan waktu dalam bekerjalah yang semakin memperkuat niat kelahiran 29 Mei 1982 ini untuk berwirausaha.

Dengan modal awal sekitar empat juts rupiah, Annisa mulai membangun bisnis dengan memanfaatkan rumahnya sebagai rumah produksi. Dua orang tetangga membantunya dalam proses produksi, satu sebagai penjahit dan satu lagi sebagai pemayet. Batik Annisa begitu ia menamainya, memproduksi berbagai busana muslimah yang terbuat dari berbagai macam bahan seperti, sifon, thai silk, katun, dan rawsilk. Tidak hanya busana muslimah, butik ini juga memproduksi gaun pesta, selop brokat, serta bando jilbab. Seluruh produk yang dibuat dikerjakan secara manual sehingga terjamin eksklusivitasnya.

 

Dengan modal awal sekitar empat juta rupiah, Annisa mulai membangun bisnis dengan memanfaatkan rumahnya sebagai rumah produksi. Dua orang tetangga membantunya dalam proses produksi, satu sebagai penjahit dan satu lagi sebagai pemayet.

Melalui butik yang didirikan pada 1 Mei 2007 ini, Annisa membantu kaum muslimah berbusana sesuai syariah, namun tetap berkelas dan anggun di segala suasana. Konsep busana muslim yang chic, elegen, dan syari’di Butik Annisa menjadikan koleksinya cocok digunakan kalangan muslimah berusia 25 sampai 40 tahun.

BIODATA

NUR ANNISA RAHMAWATI

Yogyakarta, 29 Mei 1982

Email: nurannisar@yahoo.com

PENDIDIKAN :

2005 – 2007 Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Islam Indonesia (UII)

2000 – 2005 S1 Teknik Industri , Universitas Islam Indonesia, Ull

2001 – 2004 D3 Universitas Gadjah Mada, jurusan Public Relations

PERUSAHAAN:

CV. Annisa Mutiara Persada (Butik Annisa) (Butik Online baju Muslim) Website :  www.butikannisa.com

Alamat : Jl. Kemasan 71 Kotagede, Yogyakarta 55173 – Indonesia

Telp. 0274 370675, HP: 0811 251842

 

PENGHARGAAN:

2008 Pemenang Kategori The Best Development Business Campus Entrepreneur Program  Ciputra – UGM

2008 Finalis Wirausaha Muda Mandiri

2009 Dekranas Award, kategori “Best Quality Product

LAIN-LAIN :

Ags, 2008 – Des 2008 Dosen Tamu di Universitas Gadjah Mada program Community Entrepreneur Program

Mar 2007 – Des 2007 Staf di CEEDEDS, di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

Nov 2005 – Jan 2007 Marketing Manager Radi Female Yogyakarta

Feb 2004 – Jan 2005 Freelance Reporter Garuda In-Flight Magazine

Mei 2002 – Mei 2003 Asisten Pengajar TK ABA Komp. Masjid Perak, Yogyakarta

Jul 2000 – Jul 2001 Sukarelawan LSM Hadang Narkoba, Yogyakarta