Annisa: Gunakanlah Teknologi, Jangkau Mereka Dari Sini

Annisa: Gunakanlah Teknologi, Jangkau Mereka Dari SiniAda dua jenis batu, yang satu di rebut batu penghalang, yang satu lagi disebut batu loncatan. Yang membeda kannya adalah orang yang melihatnya

-Unknown

“GUNAKANLAH TEKNOLOGI,” UJAR Nur Alfa Agustina (CSR Bank Mandiri) saat mengomentari bisnis yang Flu, oleh Annisa.Anak-anak muda memang memiliki kelebihan kelebihan dan kenikmatan-kenikmatan sendiri yariq lath lebih besar daripada generasi di atasnya. Kelebihan terutama pada aspek teknologi, yaitu teknologi informasi.

Thomas Friedman, penulis buku The World is Flat (2005) bahkan sampai bertaruh bahwa teknologi ini telah mendatarkan dunia yang memudahkan kita jelajahi abad ke 21 dengan globalisasi. Mesin-mesin terhubung dengan sesama mesin, mesin pencari bekerja demikian cepat dan semua itu dapat dilakukan dimana saja– ke seluruh penjuru dunia, tanpa kabel.

Orang-orang tua mungkin kesulitan menjelajahi dunia maya ini karena mereka semua adalah pendatang-pendatang baru dalam dunia maya (digital immigrant). Namun tidak demikian bagi generasi Annisa. Mereka dan kalian semua adalah penduduk asli dunia maya (native digital). Kalian membentuk komunitas-komunitas kecil di desa-desa maya, terhubung satu dengan yang lain dalam bahasa yang kalian mengerti sendiri.

Oleh karena itu perhatikan tip ini baik-baik:

  • Pasar dalam dunia maya berbeda dengan pasar di dunia rill. Kalian yang dibesarkan dalam dunia maya ber­saing secara global dan pesaing-pesaing kalian bukanlah warung di rumah sebelah melainkan mereka yang tinggal di Malaysia, Brunei, Jepang, Belanda, Uni Emirates, atau di Rusia sang.
  • Sekalipun mulai terbentuk selera global ter­hadap produk-produk fashion, namun tiap-tiap negara memiliki tradisi, tata nilai, alam, dan kebiasaan yang ber­beda-beda. Bidiklah mereka dalam bingkai pasar masing­-masing, namun berikan kualitas yang setingkat di atas pesaing-pesaing Anda.
  • Interaktif. Pasar global menghendaki suatu hubungan yang bersifat interaktif, yang memudahkan mereka berinteraksi, mengajukan pernyataan-pernyataan meminta tip, dan berdialog. Berikanlah ruang bagi mereka untuk berinteraksi secara sehat.

Teknologi berhubungan dengan generasi, yaitu kapan Anda mempelajarinya atau apakah Anda mengenal­nya. Namun sekalipun teknologi burn itu bukan milik generasi Anda, tidak ada salahnya belajar dan menerapkannya.

Rhenald Kasali

  • Speed Marketing. Inti dari teknologi adalah it tingnya respons yang cepat dari setiap interaksi ataupun transaksi yang dipertukarkan. Kecepatan merespon, dalam hitungan jam atau menit bukan harian apalagi bulanan.
  • Kendati produk yang Anda tawarkan kaya dengan unsur etnik dan religius yang kental, kepekaan terhadap kebutuhan-kebutuhan lokal dapat menjadikan produk Anda sebagai kiblat bagi mereka. Kendati dunia Islam ada di Arab Saudi, namun dalam soal busana, dan selera dapat dimulai dari Indonesia. Ingatlah bukan Italia yang mempopulerkan pizza yang lezat melainkan Amerika Serikat. Busana muslim pun dapat dipopulerkan dari Indonesia
  • Perbaharui penampilan secara tetap dan tampil­an dengan segar dalam setiap kesempatan dengan infor­masi yang selalu updated.
  • Outsourcing. Teknologi informasi memungkin­kan seorang produsen menemukan kombinasi produksi yang efisien yang dapat berasal dari manta negara. Dengan demikian bahan-bahan bisa saja berasal dari Tiongkok, jahitannya ada di sini, kemasan dibuat di India, sedangkan desainnya bisa darimana saja. Perluaskan jang­kauan produksi Anda.