Anggara Kasih Nugroho Jati: Mengemas Bakso Lebih Modern


Anggara Kasih Nugroho JatiBuat sebagian orang – terutama anak muda – bakso hanyalah sekedar makanan pengisi perut yang kelasnya tidak akan pernah naik alias selalu merakyat. Oleh karenanya, jarang ada pemuda atau pemudi yang mau menggantunkan nafkah dari usaha menjual bakso. Namun, di tangan Anggara, bakso tampil lebih modern, lebih enak, dan tentu saja..mendatangkan emas!

SIAPA YANG TAK kenal bakso. Hampir di setiap kawasan, selalu saja ada dagangan bakso yang menjadi favorit. Bakso, entah bakso apa saja, sepertinya memiliki penggemar sendiri dan membuahkan suplai yang tinggi pula. Dengan kata lain, berbisnis bakso seolah tidak terlalu menjanjikan; karena terlalu mengikuti arus, atau karena tidak ada lagi keunikan yang bisa menjadikan keunggulan.

Namun, hal ini tak membuat Anggara Kasih Nugroho Jati (24) berkecil hati. Kesukaan orang Indonesia terhadap, bakso ditangkapnya sebagai peluang. Berbeda dengan penjual bakso yang banyak ditemukan di berbagai tempat, di tangan mahasiawa Institut Teknologi Surabaya (ITS) itu bakso dikemas sebagai sebuah usaha modern. Betapa tidak, dari usaha bakso bernama “Bakso Kepala Sapi” yang dikelolanya,  sulung dari dua bersaudara ini mampu meraup omzet Rp 1,1 miliar per tahun. Sebuah angka yang fantastic bagi seorang pemuda, lajang, dan masih menimba ilmu.

Usahanya dimulai pada 2003. Sebagai mahasiawa, bakso menjadi salah satu alternatif makanan ‘wajib’ karena dapat terjangkau kantong. Secara kebetulan, ia menikmati bakso di sebuah kedai kaki lima di Surabaya. Seperti tersirap, ia bukan hanya dimabuk kuah bakso-yang begitu sedap racikan sang penjual bernama H. Suharto tapi ­juga dibuai asa yang begitu besar. “Sejak itu, otak kiri saya langsung jalan dan saya langsung meminta beliau untuk bekerjasama,” ungkap, Anggara memaparkan ketertarikannya.

Penggemar bakso ini kemudian menyusun rendana membagi jadwal kuliah dan waktu untuk merintia usaha. Tujuannya agar usahanya nanti berjalan rapi, serta bisa berkembang dan diduplikasi Ia pun membuat hitung-hitungan modal dan bagaimana memulainya. Pucuk dicita ulam pun tiba. Tekadnya untuk membuka usaha bakso mendapat dorongan dari sang ayah, yang juga seorang wirausahawan.

 

Secara kebetulan, ia menikmati bakso di sebuah kedai kaki lima di Surabaya. Seperti tersirap, ia ia bukan hanya dimabuk kuah bakso-yang begitu sedap racikan sang penjual bernama H. Suharto tapi ­juga dibuai asa yang begitu besar.

Outlet bakso pertamanya di daerah Klampis, Surabaya, pun dibuka pada tahun yang sama. Lalu, dengan meminjam ruko milik orangtu­anya di Jalan Raya Kebonpedes, Kota Bogor, ia pun membangun outlet pertamanya di luar Surabaya pada 2006.

Kini, dia telah memiliki sejumlah “Bakso Kepala Sapi” yang menjadi pundi-pundi uangnya. Sebagian besar dijalankan di Bogor dan Surabaya, serta dijalankan melalui pola kemitraan dengan investor lain. Dari belasan outletnya, ia memperoleh pemasukan lebih dari Rp 1,1 miliar per tahun, dengan keuntungan bersih untuk dirinya sendiri di atas Rp 100 juta per tahun.


BACA JUGA TIPS WIRAUSAHA BERIKUT INI:

Cara Memulai Bisnis Telur Ayam

Telur ayam merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Bahan makanan yang satu ini selalu laku dipasaran terlebih ketika mendekati perayaan agama seperti Maulid Nabi Muhammad SAW bagi umat Islam dan juga Perayaan Paskah bagi umat Kristen begitu juga pada hari-hari besar lainnya. Besarnya minat masyarat pada telur ayam menjadikan bisnis telur ayam tidak pernah […]

Manisnya Berbisnis Salad Buah

Salad merupakan salah satu makanan yang kini sangat mudah dijumpai. Makanan yang telah dikonsumsi oleh orang yunani kuno dan romawi ini sangat digemari oleh banyak orang terlebih karena kandungan gizi yang terdapat didalamnya. Di Indonesia,  awalnya salad hanya dijumpai di restoran-restoran. Namun belakangan ini, salad juga bisa didapatkan di pinggir jalan. Kuliner sehat ini terbagi […]

Tips Promosi dalam Bisnis Online

Saat ini bisnis online semakin banyak peminatnya di Indonesia, berbagai jenis bisnis online sudah dapat kita temukan secara mudah di internet mulai dari bisnis online yang berbasis informasi hingga bisnis berjualan suatu produk. Dalam hal ini,  bisnis online juga sama halnya dengan bisnis offline yang perlu promosi, karena dengan berpromosi, semakin besar peluang kita untuk […]

  • titiek madjid

    Saya sedang mencari distributor/agen bakso sapi. Saat ini saya mengurusi catering karyawan salah satu dept store dimana konsumsi bakso sangat tinggi. Saat ini saya membakai produk “bakso sapi essem” yg harga pasarannya bungkus merah 30 ribu, bungkus biru 35 ribu dengan isi masing2 50 butir. Karena utk karyawan kelas menengah maka saya tidak bisa menjual dng harga yang tinggi. Oleh karenanya utk mencapai margin yang layak, saya ingin beli langsung dari distributor atau agen langsung. Mohon bantuan untuk alamat pembelian dan nomor2 telp/hp yang bisa dihubungi secepatnya.
    Terimakasih – ditunggu kabar baik nya

Kategori Kewirausahaan :: Kata Kunci: , , , , , proposal penelitian tentang penjual bakso1 Komentar

Artikel Populer Hari Ini

Baca Artikel Kami via Email

Daftarkan email Anda dan dapatkan kiriman artikel dan info bisnis terbaru dari kami. GRATIS!
** Cek email Anda untuk konfirmasi layanan ini.

Minyak Tawon Asli Makassar

Anda butuh minyak tawon asli Makassar? Kami adalah agen resmi minyak tawon PT Tawon Jaya Makassar. Tersedia minyak tawon tutup putih dan minyak tawon tutup merah asli dengan harga terjangkau!