5 Tips Bisnis untuk Anak Muda

Tips Bisnis untuk Anak MudaBeberapa waktu terakhir, dunia bisnis semakin dipenuhi oleh para anak muda yang mencoba berwirausaha.

Tidak sedikit di antara mereka yang mampu meraup penghasilan besar berkat kegigihan dan inovasi yang dimiliki. Tentu hal ini membuat iri anak muda lainnya yang berdiri di tempat dan hanya belajar.

Untuk kamu yang merasa masih muda dan iri dengan keberhasilan teman-temanmu, kami sarankan untuk jangan sekedar iri, tapi lakukanlah sesuatu untuk menambah pengalaman, kemampuan, dan juga penghasilan.

Untuk terjun ke dalam dunia bisnis, yang kamu butuhkan ialah keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri, yaitu rasa dan strategi. Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menjalankan bisnis di masa muda:

Memanfaatkan Kemampuan Diri

Jangan pernah merasa tidak memiliki kemampuan, karena setiap orang telah dikarunia kemampuan yang berbeda-beda. Gali terus kemampuan yang kamu miliki, cari tahu apa yang menjadi kelebihan dan kelemahanmu.

Misalnya, kamu fasih dalam berbahasa Inggris, percaya diri, dan memiliki kesabaran dalam mengajar, kamu bisa mencoba melamar sebagai Guru Bimbel ataupun Guru Privat.

Selain itu kamu juga bisa membuka jasa penerjemaahan. Saat ini banyak jasa penterjemah dibutuhkan untuk menterjemahkan ijazah, transkrip, dan dokumen penting lainnya.

Memanfaatkan Gadget

Saat ini gadget sudah tidak seperti barang mahal lagi. Hampir seluruh lapisan masyarakat memegang gadget. Sangat dikamingkan jika gadget yang kamu miliki tidak dapat dimaksimalkan.

Manfaatkanlah gadget yang kamu miliki untuk berjualan, seperti pulsa dan aneka barang. Dengan layanan BBM, kamu bisa menjual berbagai macam barang hanya dengan mengirimkan gambarnya saja. Dengan Smartphone, jaringan internet bisa diakses dengan mudah. Kamu bisa berjualan online dengan Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya.

Memanfaatkan Lingkungan Sekitar

Pergilah keluar dan lihatlah bagaimana keadaan lingkungan disekitarmu. Adakah kekurangan yang kamu lihat disana yang menjadi kebutuhan? Misalnya, kamu tinggal di daerah perkebunan yang jauh dari kota, sehingga mereka sangat jarang berbelanja di kota.

Karena itu, berbagai kebutuhan pokok disana cukup mahal dan terbilang minim. Nah, kamu bisa menjadikan itu sebagai peluang usaha. Kamu bisa jalin komunikasi dengan rekan-rekanmu yang ada di kota untuk bekerja sama.

Mungkin mereka memiliki toko grosir yang menjual berbagai kebutuhan dengan harga murah. Ajaklah ia untuk bernegoisasi agar mau memberi harga yang lebih murah karena kamu membeli dalam jumlah yang banyak.

Dengan begitu, disana kamu bisa membangun toko kelontong yang menjual beragam kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah dibanding sebelumnya, tetapi tetap mendapatkan laba.

Memanfaatkan Orang Lain

Dalam konteks ini, memanfaatkan orang lain bukan berarti melakukan sesuatu yang negatif. Kamu bisa membangun usaha dengan menggunakan keahlian yang dimiliki orang lain.

Misalnya, kamu ahli dalam bidang design, namun kamu tidak memiliki keahlian dalam bidang sablon-menyablon. Ada salah satu temanmu yang pandai menyablon namun tidak mampu membuat design. Nah, kamu bisa mengajaknya bekerja sama dalam membangun bisnis penyablonan.

Memanfaatkan Dunia Online

Ada banyak pengusaha yang memanfaatkan dunia online untuk memasarkan produknya. Kamu juga bisa melakukannya dengan memanfaatkan media sosial yang kamu miliki seperti blog, Facebook, dan Twitter.

Jangan khawatir jika kamu tidak memiliki modal untuk menjual produk. Ikuti saja program dropshiping dari para pelaku usaha. Yang paling kamu butuhkan untuk dropshipping hanyalah media sosial untuk menawarkan barang dan nomor rekening.

Selain menjual barang, kamu juga bisa menjual informasi, seperti e-book atau elektronik book yang kamu buat atas pemikiran sendiri ataupun pemikiran orang lain.

Nah, selamat mencoba!