5 Contoh Perusahaan Jasa

INVESTASIONLINE.NET – Perusahaan jasa adalah salah satu bentuk perusahaan yang kita kenal dewasa ini, selain perusahaan dagang dan manufaktur. Perusahaan jasa adalah suatu perusahaan yang kegiatan usahanya ditujukan untuk memperoleh keuntungan melalui penjualan jasa.

5 Contoh Perusahaan Jasa

Ada beberapa karakteristik perusahaan jasa yang membedakannya dengan perusahaan model lain. Perusahaan jasa hanya bergerak dalam bidang transaksi jasa sedangkan perusahaan dagang bergerak dalam bidang jual beli barang. Selain itu, di dalam perusahaan jasa tidak ada inventory sedangkan untuk perusahaan dagang ada inventory.

Perbedaaan lainnya adalah pada perusahaan jasa tidak ada retur penjualan atau pembelian, sedangkan pada perusahaan dagang ada retur penjualan atau pembelian. Khusus untuk pencatatan keuangan, pada perusahaan jasa tidak ada jurnal khusus dan buku besar pembantu sedangkan perusahaan dagang ada.

Berikut adalah 5 contoh perusahaan jasa di Indonesia:

  1. Bank
  2. Salon kecantikan
  3. Jasa konsultan
  4. Perusahaan travel
  5. Perusahaan asuransi

Selain itu, termasuk juga sebagai perusahaan jasa adalah rumah sakit, usaha bengkel, usaha salon, usaha rental mobil, dan sekolah, universitas atau perguruan tinggi.