4 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membeli Emas

Emas adalah komoditas yang tidak lekang oleh waktu dan telah menjadi pilihan investasi yang dianggap paling aman dan jauh dari fluktuasi nilai ekonomis.

Trend berbisnis emas terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Banyak orang yang secara sadar kini mulai “menabung” dalam bentuk emas.

4 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membeli Emas

Nah, jika Anda ingin membeli emas dalam waktu dekat ini, beberapa hal ini perlu diingat:

1. Tren Harga Emas

Anda ingin membeli emas sebagai investasi, atau alternatif untuk menyimpan uang di bank? Anda harus mempelajari tren harga emas.

NASDAQ’s Commodity Futures Price Quotes for Gold (COMEX) adalah salah satu cara untuk mengikuti harga emas di pasar dunia.

Seperti yang Anda bisa lihat pada grafik 10 tahun COMEX di bawah, harga 100 oz emas (1 oz setara dengan kurang lebih 31 gram emas) telah turun secara jauh dari puncaknya di tahun 2011 ketika menembus 1.800 USD per 100 oz.

NASDAQ’s Commodity Futures Price Quotes for Gold

2. Apa yang Mempengaruhi Harga Emas

Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi harga emas naik atau turun kebanyakan dapat dikaitkan dengan penawaran dan permintaan.

Permintaan emas bisa datang dari Bank Indonesia yang memasok atau mengurangi persediaan emas yang kemudian berpengaruh pada harga.

Ketika ada penurunan dalam ekonomi, investor cenderung memilih atau mencari emas karena ini dianggap cara aman untuk investasi yang lain sehingga ini mempengaruhi kenaikan harga yang menjadi salah satu faktor pada tahun 2011.

3. Alasan Membeli Emas

Tentu saja emas bukanlah satu-satunya pilihan. Jika Anda membeli emas sebagai investasi, Anda harus mempelajari tren harga emas dan lihat apakah cocok dengan rencana jangka pendek atau jangka panjang Anda.

Ketika ada penurunan harga emas secara umum dalam periode 10 tahun, harga emas selalu naik (dan turun) jika Anda mempersempit jangka waktu ke hitungan bulan. Jadi, strategi untuk menjual emas di bulan-bulan tertentu bisa jadi baik untuk Anda.

Investasi bukanlah satu-satunya alasan untuk membeli emas. Membeli emas bisa menjadi cara untuk memperluas jenis investasi Anda. Emas selalu dianggap sebagai investasi paling aman, terutama di kala ekonomi sedang tidak stabil.

Jadi jika Anda merasa perekonomian sedang lesu di masa investasi Anda, emas adalah satu-satunya cara untuk memperluas jenis investasi dan mengurangi risiko.

4. Berhati-hatilah Terhadap Penipuan Emas

Berapa banyak orang yang bisa mengatakan bahwa perhiasan emas itu asli? Bahkan jika itu asli, bagaimana cara orang mengatakan apakah kadarnya 14K atau 18K dengan hanya melihatnya? Bahkan jika ada tanda pada emas tersebut, bagaimana Anda bisa yakin bahwa itu benar-benar emas 18K dan bukan tipuan dari penjual?

Banyak juga penipuan yang dikaitkan dengan rencana investasi emas yang korbannya adalah calon investor di Indonesia. Terkadang sebuah investasi menjanjikan keuntungan dobel pada kali pertama sehingga beberapa orang mengambil KTA hanya untuk memanfaatkan kesempatan ini.

Pola Ponzi ini telah dilaporkan di beberapa berita tidak hanya di Indonesia tetapi di negara Asia Tenggara lainnya termasuk Malaysia dan Singapura.

Sebelum memberikan uang kepada perusahaan untuk tujuan investasi, pastikan bahwa perusahaan tersebut mempunyai izin resmi dari pemerintah.