3 Jenis Investasi Untuk Dana Pendidikan Anak

Dana Pendidikan Anak

INVESTASIONLINE.NET – Dewasa ini kebutuhan akan dana pendidikan semakin meningkat. Apalagi jika anak-anak mengambil program studi tertentu yang memiliki passing grade tinggi, atau mereka bersekolah di luar negeri yang memang perlu biaya yang tidak sedikit.

Karena itulah, berinvestasi untuk dana pendidikan anak menjadi mutlak dilakukan sejak dini. Hanya saja, sebelum menentukan jenis investasi untuk dana pendidikan anak, orang tua harus terlebih dahulu tahu bagaimana dana kapan dana  tersebut akan diperlukan.

Tidak sedikit orang membeli produk tanpa memikirkan manfaatnya. Bahkan orang tua cenderung membeli produk hanya karena mereka melihat kata “pendidikan” yang terpampang di belakangnya.

Nah, berikut ini adalah beberapa pilihan investasi yang bisa Anda terapkan dalam rangka mengumpulkan dana untuk pendidikan anak:

Asuransi Pendidikan

Menurut fungsinya, asuransi adalah untuk perlindungan. Asuransi pemilik adalah bahwa orang tua menjadi pendukung utama. Pemilik diwajibkan untuk membayar premi asuransi dalam jumlah dan waktu yang Anda pilih. Keuntungan pemilik asuransinya yaitu mendapatkan uang setiap kali anak-anak memasuki pendidikan baru, SD, SMP, SMA atau perguruan tinggi.

Selain dana asuransi akan tetap diberikan jika pemiliknya meninggal tanpa membayar premi lagi. Sebaliknya, dana diambil sebelum waktunya akan dikenakan denda, dan diminta untuk membayar jumlah tertentu.

Properti

Membeli tanah atau rumah. Dua jenis ini adalah hasil investasi yang cukup besar, meskipun kita baru bisa menikmati hasilnya dalam waktu yang lama. Anda dapat membeli properti dengan perhitungan menjual properti tersebut dalam jangka tujuh atau 10 tahun, ketika harga melonjak lebih tinggi.

Ini berarti bahwa harta tersebut diperoleh ketika anak masih kecil dan direncanakan untuk masa depan ketika anak sudah ingin memasuki perguruan tinggi.

Reksadana

Investasi ini merupakan uang yang dikelola oleh sebuah perusahaan manajemen investasi. Laporan kemajuan akan dikirim setiap reksa dana tunggal atau dalam beberapa bulan.

Ada berbagai jenis reksadana yang bisa kita gunakan, sehingga dalam hal ini dapat digunakan secara teratur. Dana dapat digunakan untuk memerangi adanya inflasi yang lebih tinggi terhadap biaya pendidikan. Reksadana juga dapat dibeli setiap saat, atau dapat dicabut sewaktu-waktu sesuai dengan aturan yang berlaku di prospektus.

****

Demikianlah penjelasan 3 jenis investasi untuk dana pendidikan anak Anda. Silahkan pilih yang mana paling memungkinkan untuk dilakukan sesuai dengan kondisi keuangan dan rencana masa depan Anda dan anak-anak Anda.